EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA CANDI BRAHU TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Linda Fajariyah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang Author
  • Muhammad Farid Nashrulloh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang Author
  • Muhammad Qoyum Zuhriawan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/dekt7j86

Keywords:

Eksplorasi, Etnomatematika, Candi Brahu

Abstract

Etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui unsur etnomatematika pada situs Candi Brahu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan cara eksplorasi dan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung ke Candi Brahu, dokumentasi, wawancara dengan juru kunci Candi Brahu, menganalisis data yang telah diperoleh, menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah terdapat konsep geometri dalam Candi Brahu yang dieksplorasi melalui kegiatan observasi peneliti. Hasil temuan konsep geometri tersebut diantaranya konsep geometri bangun datar yang terdiri dari persegi, persegipanjang, trapesium, lingkaran dan segitiga, serta geometri bangun ruang seperti balok.

Ethnomathematics is a science used to understand how mathematics is adapted from a culture. This research aims to explore and find out the elements of ethnomathematics on the Brahu Temple Site. The type of research used is qualitative research with an exploratory and ethnographic approach. This research was conducted by direct observation to Brahu Temple, documentation, interviews with the caretaker of Brahu Temple, analyzing the data that has been obtained, drawing conclusions. The results obtained are that there are mathematical concepts of geometry in Brahu Temple that are explored through researcher observation activities. The findings of the geometry concept include the concept of flat geometry consisting of squares, rectangles, trapezoids, circles and triangles, as well as spatial geometry such as beams

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, R. N., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Bangunan Tempat Ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio Berdasarkan Konsep Geometri Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10(1), 25-34.

D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics Link between Traditions and Modernity. In Philosophia Mathematica. Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. (1985). For the Learning of Mathematics.

Etnomatematika, E., Candi, P., & Sidoarjo, P. (n.d.). Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. 2, 1802–1811.

Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, J., & Jatmiko, J. (2022). Ethnomathematics: Mathematical Ideas and Educational Values on the Architecture of Sasak Traditional Residence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 250-259.

Febriyanti, I. R. M. A., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri Pada Candi Bajang Ratu Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(2), 442-452.

Hidayat, T., Asmar, A., & Yerizon, Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Muara Takus Di Kec. XIII Koto Kampar Riau. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(1), 77-86.

Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. 6(2), 53–66.

Jumri, R., & Murdiana, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86-92.

Kunci, K. (2023). pembelajaran bilingual; etnomatematika; candi brahu. 6, 48–56.

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149-158.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: eksplorasi candi borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatematika dalam seni anyaman Jambi sebagai sumber pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705-2714.

Purnawan, H., & Subiono, S. (2022). Barisan Aritmatika Bertingkat dengan Menggunakan Interpolasi Lagrange. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 19(2), 145-154.

Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2021). Pemberian Scaffolding Berdasar Pelevelan Taksonomi Solo Siswa Kategori Unistructural Dalam Menyelesaikan Soal Jarak Dimensi Tiga. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 38-47.

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210-218.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40..

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Fajariyah, L. ., Nashrulloh, M. F. ., & Zuhriawan, M. Q. . (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA CANDI BRAHU TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 194-202. https://doi.org/10.20527/dekt7j86