ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA MATERI PERKALIAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.20527/x45ajh78Keywords:
Kesulitan Belajar, Soal Cerita, Teori NewmanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memecahkan soal cerita materi perkalian berdasarkan teori Newman. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas III SDN Gili Timur 3 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 6% siswa kesulitan dalam membaca (reading), (2) 6% siswa kesulitan dalam memahami (comprehension), (3), 12% siswa kesulitan dalam transformasi (transformation), (4) 76% siswa kesulitan dalam keterampilan proses (process skill), dan (5) 62% siswa kesulitan dalam menulis jawaban (encoding). Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah siswa tidak lancar membaca soal, siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan urutan pengerjaan secara lengkap, siswa melakukan kesalahan dalam peroses perhitungan, siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban, serta siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan bentuk satuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam memcahkan masalah matematika berbentuk soal cerita banyak dialami pada tahap keterampilan proses dan menulis jawaban.
The implementation of this research becomes material for teacher study in order to maximize students' habit of reading story questions, understanding story questions, carrying out story problem solving procedures and re-examining the results of solving story problems. The aim of this research is to analyze students' difficulties in solving multiplication story problems based on Newman's theory. This research method is descriptive qualitative research. Data collection techniques through observation, written tests and interviews. The research subjects were class III students at UPTD SDN Gili Timur 3 Bangkalan. The results showed that: (1) 6% of students had difficulty in reading, (2) 6% of students had difficulty in understanding, (3), 12% of students had difficulty in transformation, (4) 76% students have difficulty in process skills, and (5) 62% of students have difficulty in writing answers (encoding). Factors that cause this are that students are not fluent in reading the questions, students make errors in writing the complete order of work, students made mistakes in the calculation process, student made mistakes in writing the answer, and students made mistakes in writing the unit form. So it can be concluded that the difficulties student in solving mathematical problems are mostly experienced at the stage of process skills and writing answers. Experienced at the stage of process skills and writing answers.
Downloads
References
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522-532.
Harahap, N. (2020). Peran Analisis Kesalahan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 14(1), 45-55.
Laila, H.T., dkk. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional, 7(2), 465. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Magfirah, dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 9.
Mansyur, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Berdasarkan Teori Newman. Al-HIKMAH: Jurnal Of Education, 3(1), 30.
Purnamasari, D. (2022). Evaluasi dan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Analisis Kesalahan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 159-170.
Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61-70.
Sarani, F. R., dkk. (2024). Pemecahan Masalah Soal Cerita Fungsi Eksponen Siswa Kelas X Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Theorems, 8, 438–450.
Sesanti, N.R & Bere, M.G.S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1459-1464.
Subanji, Kusumawati, E., & Wardhani, I.S. 2023. Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Prior Knowledge. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i2.17141.
Sulistyani, Dianna, dkk.. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638
Wahyuni, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika: Perspektif Teori Newman. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 16(1), 45-56.
Wardhani, I.S., Nusantara, T., Parta, I.N., Permadi, H., 2023. The Model of Geometry Learning With Spatial Skills Features: Is It Possible?. Journal of Higher Education Theory & Practice, 3(14), 225-240. 16p. DOI: /10.33423/jhetp.v23i14.6397
Wardhani, I.S. 2023. Identifikasi Karakteristik Spatial Questions Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 369-381. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4746.
Wardhani, Indah Setyo. 2023. Why Orientation Spatial Strategies Are Important In Learning Geometry? The 2nd International Conference on Mathematics Education and Technology (ICOMET). Universitas Islam Malang.
Yuliyani, P., Sariningsih, R., & Rohaeti, E.E. (2023). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1661-1670.
Zalfa, L.T & Mutianingsih, N. (2023). Identifikasi Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Menyelesaikan Soal Cerita: Tinjauan Dari Tahapan Newman. Jurnal Edumath, 9(1), 49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




