ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SDN KEBUN 02 BANGKALAN PADA MATERI POLA BILANGAN DAN GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.20527/7stac165Keywords:
berpikir kreatif, pola gambar, pola bilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Kebun 02 Bangkalan, dalam memecahkan masalah pola bilangan dan pola gambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal esai dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti memilih siswa kelas IV sebagai subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas IV SDN Kebun 02 Bangkalan berada pada keterampilan berpikir kreatif kurang, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis data dimana sebagian kecil dari siswa yang memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran, keluwesan dan kerincian pada saat memecahkan permasalahan matematis terkait materi pola bilangan dan pola gambar. Penelitian yang telah dilakukan membantu guru dalam proses merumuskan penilaian terkait tingkat kreativitas siswa. Kemudian membantu guru untuk mencari model pembelajaran yang sesuai dan mampu mendorong peningkatan keterampilan berpikir kreatif dalam diri siswa.
This study aims to analyze the creative thinking skills of fourth-grade students at SDN Kebun 02 Bangkalan, in solving number patterns and picture patterns problems. The research uses a qualitative research method. The instruments in this research are essay questions and interviews. In this research, researchers chose fourth grade students as subjects in the research. The results of the research show that fourth grade students at SDN Kebun 02 Bangkalan have poor creative thinking skills, this is shown by the results of data analysis where a small percentage of students who meet the creative thinking indicators are fluency, flexibility and detail when solving mathematical problems related to number and pattern material. picture. The research that has been carried out helps teachers in the process of formulating assessments related to students' creativity levels. Then it helps teachers to find appropriate learning models that are able to encourage the improvement of creative thinking skills in students.
Downloads
References
dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Problem Solving, Mathematics, 7(3), 2023. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2499
Hidayah, N. C., Ulya, H., & Masfuah, S. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar berdasarkan tingkat kemampuan matematis [Analysis of the creative thinking ability of elementary school students based on the level of mathematical ability]. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1368–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1366
Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 56–65. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567
Indriani, R., & Rahmiati, D. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan Dasar (SEPEDA), November, 195–209.
Jumanto, J., & Adi, Y. K. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vi Ditinjau Dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(1), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7533
Mardhiyana, D. & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.
Rachmawati, T, Laurens, T. & L. M. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Negeri 40 Ambon Pada Materi Bangun Datar. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(2), 91–101. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss2year2019page91-101
Ramadhani, D., & Nuryanis, N. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 54. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9589
Rosadi, A., Haryani, S., & Hidayah, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 6(6), 9898–9907. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4084
Saidah, Dwijanto, & I. J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2012, 1042–1045.
Samudera, W., Aini, A. & Siti Mariana. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 99–109. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i1.46
Sari, W. P., & Montessori, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275–5279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527
Susiloningsih, W., Faizah, H., & Sugandi, E. (2022). Profil Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SD Kelas 4. Inventa, 6(1), 65–69. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a4955
Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Soal Open-Ended. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




