MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHINGDI KELAS IV SDN BERANGAS BARAT 2
DOI:
https://doi.org/10.20527/bccw9j89Keywords:
Pendekatan CRT, aktivitas, hasil belajarAbstract
Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara pendidikan dan dimensi sosial budaya siswa. Pada pendekatan ini, guru mengintegrasikan muatan budaya ke dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di kelas IV di SDN Berangas Barat 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran materi bangun datar dengan pendekatan CRT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 23 orang. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi guru pada pra-tindakan, siklus I, dan siklus II diperoleh presentase keberhasilan aktivitas siswa pada pra-tindakan hanya sebesar 65,87%, meningkat pada siklus I menjadi 71,52% dan naik sebesar 6,52% menjadi 78,04% pada siklus ke II. Demikian juga nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan. Pada pra-tindakan hanya sebesar 70,43, meningkat pada siklus I menjadi 75,65 dan naik sebesar 7,83 pada siklus II menjadi 83,48, yang artinya hasil tersebut sudah melebihi KKM, yaitu ketuntasan melebihi 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi bangun datar dengan pendekatan CRT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Culturally Responsive Teaching (CRT) is a learning approach that emphasizes the relationship between education and students' socio-cultural dimensions. In this approach, teachers integrate cultural content into learning. The aim of this research is to improve student activity and learning outcomes in mathematics learning about flat shapes using the Culturally Responsive Teaching (CRT) approach in class IV at SDN Berangas Barat 2. This research uses a classroom action research method with descriptive analysis to describe the learning process and outcomes flat material using the CRT approach. The subjects of this research were 23 class IV B students. Data collection instruments included teacher observation sheets in pre-action, cycle I, and cycle II. The presentation of success in student activities in pre-action was only 65.87%, increasing in cycle I to 71.52% and increasing by 6.52%. to 78.04% in the second cycle. Likewise, the average value of student learning outcomes obtained in cycle II has increased. In pre-action it was only 70.43, it increased in cycle I to 75.65 and increased by 7.83 in cycle II to 83.48, which means that the results have exceeded the KKM, namely completeness exceeds 70. Thus it can be concluded that Learning flat shape mathematics material using the CRT approach can increase student activity and learning outcomes.
Downloads
References
Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138
Anggi Larasati, Titin Sunarti, dan Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Universitas Negeri Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika. 83-91.
Anjalika Sari, Yunita Arian Sari, Dina Namira. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan. 1(2), 110–118. DOI:10.61924/jasmin.v1i2.18
Atik W., Dholina I. P., & Yeni N. A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV A SD Unggulan 'Aisyiyah Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru FKIP. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21489
Destiranda, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 61–64.
Firdaus, M. K., Fajrie, N., & Purbasari, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 402–412. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4595
F. Fakhriyah. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Geka Setia Auliah, Darmiany, Nurhasanah. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 3(1), 56–66. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.271
Indah Milati Khasanah, Harto Nuroso, Agnita Siska Pramadyahsari. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(3), 1121–1127. https://doi.org/10.56832/edu.v3i3.393
Niken Ayu Lestari Bondan Jatiningsih, Latifatul Hamidah, Erna Noor Savitri. (2023). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas VII F SMP Negeri 9 Semarang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching. Seminar Nasional IPA XIII.
Nor Khakim, Noor Mela Santi , Acep Bahrul Ulum Assalami, Erlina Putri, Ahmad Fauzi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal STKIP Kusuma Negara, 2(2) 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 SMA Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Tamrin T. (2019). Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1 (2), 69-73.
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




