IDENTIFIKASI GESTURE SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN

Authors

  • Galah Tri Anggada Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Ninin Indira Rossydah Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Nova Elisa Lestari Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Fatimatus Izzati Ramadianti Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Ziyanatul Fitriyah Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Annisa Aditya Ramadhani Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Novianti Romadani Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author
  • Indah Setyo Wardhani Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/xayjby75

Keywords:

Gesture, Pola Bilangan, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gesture siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pola bilangan mamtematika di kelas. Subjek penelitian adalah 6 dari 18 siswa kelas IV SDN Tanjung Jati 2 Bangkalan yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilaku­kan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penyusunan data  dalam penelitian ini berupa penarikan kesimpulan, di mana peneliti menganalisis data survei. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa berkemampuan sedang dan rendah cenderung menggunakan gesture deiktik. Implementasi dari penelitian memberikan bahan kajian untuk guru dalam memahami gesture siswa.

This research aims to identify elementary school students' gestures in solving mathematical number pattern problems in class. The research subjects were 6 out of 18 class IV students at SDN Tanjung Jati 2 Bangkalan who were selected based on academic ability. This research uses a qualitative case study type method. Data collection was carried out using tests, observations, interviews and documentation. The data preparation technique in this research is in the form of drawing conclusions, where researchers analyze survey data. The results of the study concluded that students with medium and low abilities tend to use deictic gestures. The implementation of the research provides study material for teachers in understanding student gestures.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiyah, N. L. (2017). Gesture Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematis secara Berkelompok, 3(1), 49–56.

Alibali, M.W. & Nathan, M.J. (2011). Embodiment in Mathematics Teaching and Learning:Evidence from Learner’s and Teahcer’s Gestures. The Journal of The Learning Sciences. DOI:10.1080/10508406.2011.611446, 1-40

Damayanti, N. W. (2018). Profil Gesture Mahasiswa dalam Representasi Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang pada Kubus. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 171–177.

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Gunawan, E., Hidayanto, E., & Rahardi, R. (2021). Profil Pointing dan Representational Gesture Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Linear (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Hasan, M. F. (2020). Fungsi gestur siswa dalam menyelesaikan masalah materi segitiga secara kooperatif pada pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN Pendem 01 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hendriana, B., & Sagita, M. (2021). Mengidentifikasi Gesture Matematis Siswa dalam Memecahkan Soal Geometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 963-973.

Kurniasih, M. D., Darojati, H., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2020). Analisis gesture siswa tunarungu dalam belajar matematika di tinjau dari gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 175-182.

Masniladevi, M. (2022). Gestur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Kegiatan Diskusi Kelompok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 6 (1), 157-164.

McNeill, D. (1992). Hand and Mind: What Gesture Reveal about Thought. Chicago: Chicago University Press.

Oktavianita, S., & Wahidin, W. (2022). Gesture Siswa Slow Learner dalam Belajar Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4802-4811.

Prayitno, A., & Surianastutiningtyas, A.M. (2023). Gesture Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kubus Secara Berkelompok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(03).

Prayitno, A., & Wulandari, D. T. (2015). Meminimalkan kesalahan konsep pecahan melalui pembelajaran penemuan terbimbing dengan gesture produktif pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(2), 106-117.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2)151. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 06(02), 2286-229

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Galah Tri Anggada, Ninin Indira Rossydah, Nova Elisa Lestari, Fatimatus Izzati Ramadianti, Ziyanatul Fitriyah, Annisa Aditya Ramadhani, Novianti Romadani, & Indah Setyo Wardhani. (2024). IDENTIFIKASI GESTURE SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 130-138. https://doi.org/10.20527/xayjby75