PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR KALIMANTAN SELATAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK KELAS X SMA/MA

Authors

  • Yuliana Rahmah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Karim Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/gpzt6p13

Keywords:

Pengembangan , tes soal open ended, budaya Banjar, sistem persamaan linear tiga variabel

Abstract

Pembelajaran matematika ialah satu diantara ilmu yang memiliki peran krusial pada keseharian kehidupan dan sebagai ilmu pengetahuan yang diajarkan untuk semua pelajar di dunia dan ada pada semua tingkatan pendidikan. Pembelajaran matematika harus didesain sedemikian rupa sampai bisa mengakomodasi beragam karakteristik pelajar seperti perkembangan kognitif. Salah satu cara untuk mencapai hal ini ialah dengan menggunakan pertanyaan terbuka ketika belajar matematika. Sifat pertanyaan terbuka memungkinkan pelajar memecahkan permasalahan melalui berbagai cara yang dipilihnya. Masalah ini sering disebut dengan istilah soal open ended. Penelitian berikut bertujuan untuk menghasilkan soal open ended berbasis etnomatematika budaya Banjar Kalimantan Selatan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid. Metode pengembangan yang dipakai ialah tipe formative research Tessmer (1993) yang mencakup self evaluation, prototyping (one-to-one, expert review, serta small group) dan field test. Penelitian berikut dilakukan hanya sampai tahapan expert review. Penelitian berikut memperoleh dua buah soal open ended materi SPLTV yang valid. Berdasarkan hasil analisis uji validasi, diperoleh skor 3,54 sehingga soal open ended yang dibuat pada penelitian berikut bisa dikatakan valid.

Learning arithmetic is one of the sciences that has a vital part in way of life and could be a science that's learned by all understudies within the world and exists at all levels of instruction. Arithmetic learning has to be outlined in such a way that it can suit different characteristics of understudies such as cognitive advancement. One way to realize this is often the utilize of open-ended questions in science learning. The characteristics of open-ended questions permit understudies to illuminate issues in a way of their choosing. This issue is regularly alluded to as an open finished issue. This think about points to create open finished issues based on the ethnomathematics of Banjar culture, South Kalimantan on substantial three-variable straight condition framework fabric. The improvement strategy utilized is the developmental investigate sort of Tessmer (1993) which incorporates self-evaluation, prototyping (master audit, one-to-one, and little gather) and field tests. This investigate was conducted as it were until the master survey arrange. This inquire about brought about in two open-ended questions with substantial SPLTV fabric. Based on the comes about of the approval test examination, a score of 3.54 was gotten which was included within the "substantial" criteria so that the open-ended questions made in this consider might be said to be substantial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzatia, S. F. & Suparman, S. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII SMP. PROSIDING SENDIKA, 4(1).

Cahyani, F. D. (2017). Pengembangan soal matematika open-ended untuk materi segiempat dan segitiga. MATHEdunesa, 6(1).

Indah Puji, L. (2020). PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED BERBASIS PENALARAN MATERI SEGI EMPAT DI SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Karti, T. D. S., & Syofiana, M. (2021). Soal Open-Ended Berkonteks Bengkulu Tentang Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 442-455.

Khabiba, S. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU) 2(1). Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPs UNESA.

Livne, N. L., Livne, O. E., & Wight, C. A. (2008). Enhancing Mathematical Thinking Creative through Multiple Solutions to Open-Ended Problems Online. Research Gate, February 2015, 1–13.

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combine Executive Summaries Volume I, II & III. In USA: OECD-PISA.

OECD. (2023). PISA 2022 Result (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In USA: OECD-PISA.

Pratiwi, H. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi,M. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8-16.

Riyani, R., S. Maizora, dan Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya. Journal on Mathematics Education, 1(1), 11-16.

Sukendra, I Komang, & Wayan, S. I. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 177-186.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, How. ooCities.org. Diakses dari: https://www.oocities.org/zulkardi/books.html

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Yuliana Rahmah, Karim, & Kamaliyah. (2024). PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR KALIMANTAN SELATAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK KELAS X SMA/MA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 254-264. https://doi.org/10.20527/gpzt6p13