MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PJBL (PROJECT- BASED LEARNING) PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.20527/3bwbrh09Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, Model pembelajaran project-based learningAbstract
Selama melakukan Asistensi Mengajar di kelas VII SMPN 21 Banjarmasin, ditemukan berbagai permasalahan dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi bangun datar. Model pembelajaran langsung yang diterapkan belum memberikan hasil yang optimal, terutama dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang lebih inovatif, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah model pembelajaran Berbasis Proyek yaitu Project-Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 21 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa serta tes berupa soal evaluasi untuk mengumpulkan data tentang keterampilan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada siklus I aktivitas guru mencapai rata-rata sebesar 82,14%, aktivitas siswa sebesar 89,5% dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mencapai ketuntasan dengan persentase 88%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
During the Teaching Assistance in class VII of SMPN 21 Banjarmasin, various problems were found in learning Mathematics, especially on the material of flat shapes. The direct learning model applied has not provided optimal results, especially in terms of problem-solving skills. For this reason, a more innovative approach is needed, one of the learning models that can improve student understanding is the Project-Based Learning (PjBL) model. This research is a Classroom Action Research which aims to improve students' problem-solving skills, teacher activities, and student activities during the learning process. The subjects of this study were students of class VII D SMPN 21 Banjarmasin. The
instruments used were observation sheets to obtain data on teacher and student activities and evaluation tests to obtain data on students' problem solving skills. The data analysis techniques used were qualitative and quantitative. The results obtained from this study are in cycle I teacher activity reached an average of 82.14%, student activity amounted to 89,5% and students' problem-solving ability reached completeness with a percentage of 88%. Thus, it can be concluded that the use of the PjBL learning model is effective in improving students' problem-solving skills.
Downloads
References
Adity, C. C. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://repository.upi.edu/id/eprint/99795
Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM, 4(2), 351-362. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160
Aprisal, A., & Abadi, A. M. (2018). Improving students’ mathematical reasoning and self- efficacy through Missouri mathematics project and problem-solving. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 191–208. https://doi.org/10.20414/betajtm.v 11i2.206
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927
Baker, E., Trygg, B., Otto, P., Tudor, M., & Ferguson, L. (2011). Project-based Learning Model: Relevant Learning for the 21st Century. In Pacific Education Institute (Issue December, pp. 1– 70). Pacific Education Institute.
Darmayasa, Jero Budi. 2018. Landasan, Tantangan, Dan Inovasi Berupa Konteks Ethnomathematics Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), Hal. 9. https://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.709
Fauzi, Saski Anggreta & Dea Mustika. 2022. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492 – 2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Fingky, Indriani (2018) Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis Ditinjau dari Level Kemampuan Akademik. Other thesis, Universitas Islam Riau. Diakses dari https://repository.uir.ac.id/4716/
Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264
Harianja, J.K. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 201-214. https://journal-litbang- rekarta.co.id/index.php/jartika
Iqbal, M. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kiritis, Dan Keterampilan Kerjasama Dengan Menggunakan Model Emblem Pada Siswa Kelas V Di SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi (S1), Universitas Lambung Mangkurat Diakses dari http://digilib.ulm.ac.id/archive/u- member/panel.php?catalogue=udigital
Jihad, A. & A. Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lestari, Sri & Ahmad Agung Yuwono. 2022. Choaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jawa Timur: Kun Fayakun.
Lubis, Sri D. & Rizki K. R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 32 Medan. Jurnal Al-Khawarizmi: Pendidikan Matematika, 1(1), 75. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur).Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618
Muslim, S.R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 45-59.
http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2) 149-160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Nurfitriyanti. (2016). Penerapan Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Partisipasi Aktif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 89-102.
Patton, A., & Robin, J. (2018). Work that Matters: The Teacher’s Guide to Project-Based Learning. In Creative Education (Vol. 1, Issue 1). the Paul Hamlyn Foundation. http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000%0Ahttp://www.ijese.com%0Ahttp://bie.org/x9JN%0Ahttps://www.intel.com/content/dam/www/program/education/us/en/documents/projectdesign/projectdesign/benefits- ofprojectbased-learning.p
Permendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22. Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Prajoko, S. dkk. (2023). Project Based Learning (PjBL) Model with STEM Approach on Students’ Conceptual Understanding and Creativity. Indonesian Journal of Science Education, 12(3), 401-109. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii
Safitri, Egidia. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VII SMPN 21
Banjarmasin. Skripsi (S1), Universitas Lambung Mangkurat Diakses dari http://digilib.ulm.ac.id/archive/u-member/panel.php?catalogue=udigital
Setyaningsih, R & Zulfan H. R. (2023). Penerapan Model Pjbl Berbantu Dynamic Mathematics Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3147-3161.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6735
Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan. (cetakan ke-22). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor(Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti, Rina. 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 3997 – 4007. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




