PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI ALJABAR SMP/MTs BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR MARTAPURA
DOI:
https://doi.org/10.20527/cqqymh84Keywords:
Tes Formatif, Aljabar, Etnomatematika, Pasar MartapuraAbstract
Penerapan kurikulum merdeka di Indonesia membawa pengaruh besar. Salah satu pengaruh tersebut terdapat pada tes yang digunakan. Tes yang dimaksud adalah tes diagnostik, formatif, dan sumatif. Tes formatif sendiri dibuat lebih mendalam agar siswa dapat memaknai pembelajaran dengan baik. Hal ini yang melatar belakangi penelitian pengembangan tes formatif ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes formatif sehingga menghasilkan tes formatif matematika aljabar SMP/MTs berbasis Etnomatematika Pasar Martapura yang valid dan reliabel. Penelitian mengunakan model Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping (formative evaluation). Pada tahap preliminary terdiri dua tahapan yaitu pesiapan dan mendesain produk, sedangakan untuk tahap prototyping terdiri dari self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi. Tes formatif divalidasi oleh tiga orang validator. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator. Sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran oleh validator untuk perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes formatif matematika aljabar SMP/MTs berbasis Etnomatematika Pasar Martapura termasuk kriteria sangat valid dan memiliki kriteria reliabilitas tinggi. Sehingga berdasarkan hal tersebut soal dapat digunakan kembali untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi aljabar.
The implementation of the independent curriculum in Indonesia has had a significant impact. One of these impacts is on the tests used. These tests include diagnostic, formative, and summative tests. The formative tests, in particular, have been made more in-depth to ensure students can fully understand their learning. This is the background for the research on the development of formative tests. This study aims to develop formative tests, resulting in a valid and reliable algebraic mathematics formative test for junior high schools (SMP/MTs) based on the Ethnomathematics of the Martapura Market. The research uses the Tessmer model, which consists of the preliminary and prototyping stages (formative evaluation). The preliminary stage includes preparation and product design, while the prototyping stage consists of self-evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, and field tests. Data collection was conducted using validation sheets. The formative test was validated by three validators. The data obtained were analyzed quantitatively and qualitatively. Quantitative data consisted of scores obtained from the validation sheets filled out by the validators. Qualitative data were derived from the feedback and suggestions provided bythe validators for product improvement. The research results indicate that the algebraic mathematics formative test for junior high schools (SMP/MTs) based on the Ethnomathematics of the Martapura Market is highly valid and has high reliability. Therefore, based on this, the questions can be reused to measure students' learning outcomes in algebra.
Downloads
References
Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Ariyani, E., & Bhakti, Y.B. (2020). Perbandingan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran terhadap Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmu Multi Sciences, Universitas Nurul Huda.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Renika Cipta.
Hendryadi. (2017). Validitas: Tahap Awal Pengembangan Kuisioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
Indriani, P. (2016). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar: http://repository.radenintan.ac.id/3820/1/SKRIPSI SEPTI.pdf
Jurnaidi, J., & Zulkardi. (2013). Pengembangan Soal Model Pisa pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-42.
Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-141.
Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematikan Pengelolaan Penilaian yang Holistik. Banjarmasin: Inteligensia Media.
Santosa, D.S.S., Galina, M., & Nulampau, N. E. (2021). Pengembangan CBEEM (Computer Based Evaluation Essay Model). Jurnal Teknologi Pendidikan, Universitas Medan.
Usman, U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




