PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID JAMI SUNGAI JINGAH PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN

Authors

  • Rizaldi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Rizki Amalia Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/a896ef79

Keywords:

LKPD, etnomatematika, Masjid Jami Sungai Jingah, kekongruenan dan kesebangunan

Abstract

Matematika yang dikaitkan dengan kebudayaan dikenal dengan istilah Etnomatematika. Masjid Jami Sungai Jingah merupakan salah satu masjid tertua di kota Banjarmasin. Di bagian luar maupun dalam masjid ini terdapat berbagai bentuk matematika terutama materi kekongruenan dan kesebangunan. LKPD sebagai perangkat pembelajaran dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah pada materi kekongruenan dan kesebangunan yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, serta fase tes, evaluasi dan revisi. Hasil uji kevalidan dengan skor 3,33 memenuhi kriteria sangat valid, hasil uji kepraktisan dengan skor 3,47 memenuhi kriteria sangat praktis, dan hasil uji keefektifan dengan persentase peserta didik tuntas sebesar 83,33% memenuhi kriteria sangat efektif.

Mathematics that is associated with culture is known as Ethnomathematics. The Jami Sungai Jingah Mosque is one of the oldest mosques in the city of Banjarmasin. On the outside and inside of this mosque there are various forms of mathematics, especially material on congruence and similarity. LKPD as a learning tool can make it easier for students to understand the material. This research aims to produce a LKPD product based on the Ethnomathematics of the Jami Sungai Jingah Mosque on congruence and similarity material that is valid, practical and effective. The research method used is research and development with the Plomp model which consists of an initial investigation phase, design phase, realization/construction phase, as well as test, evaluation and revision phases. The validity test results with a score of 3.33 meet the criteria for being very valid, the practicality test results with a score of 3.47 meet the criteria for being very practical, and the results of the effectiveness test with a percentage of students completing at 83.33% meet the criteria for being very effective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 28–40. Retrieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/

Arfandi, & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar, 5(2).

Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2021). Ethnomathematics of the Jami Mosque Jingah River as a source mathematics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1760). IOP Publishing Ltd. Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012025

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). Retrieved from https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444

Isnaniah, Firmanto, P., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Minangkabau Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2752–2764. Retrieved from https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1959

Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–146. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Maliki, M., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan LKPD Bangun Ruang berbasis Etnomatematika Masjid Sultan Suriansyah di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(3), 96–103. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta

Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023), 4, 427–438. Retrieved from http://jurnaledukasia.org

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. JURNAL KREANO, 3(1).

Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal, 2(2), 114–123. Retrieved from http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Rizaldi, Noor Fajriah, & Rizki Amalia. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID JAMI SUNGAI JINGAH PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 102-110. https://doi.org/10.20527/a896ef79