PENGARUH PENYISIPAN TEKNIK SNOWBALL THROWING DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Hilwati Tias Anggraini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/fpf4md32

Keywords:

Pengaruh, Snowball Throwing, Quantum Teaching, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyisipan teknik snowball throwing dalam model pembelajaran quantum teaching terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Eksperimen ini melibatkan siswa kelas VIII SMP di Tangerang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk soal uraian. Dari hasil nilai rata-rata pemahaman konsep siswa didapat bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 66,1 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 59,7. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji – t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 1,78 dan diperoleh nilai ttabel sebesar 1,66. Karena thitung > ttabel (1,78 > 1,66) maka H0 ditolak. Hal tersebut berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan penyisipan teknik snowball throwing dalam model pembelajaran quantum teaching lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik bertanya konvensional dalam model pembelajaran quantum teaching. Proses pembelajaran dengan menggunakan penyisipan teknik snowball throwing dalam model pembelajaran quantum teaching pada kelas eksperimen, membuat siswa memiliki aktivitas bertanya yang lebih baik, sehingga pembelajaran dengan menggunakan penyisipan teknik snowball throwing dalam model pembelajaran quantum teaching memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

This research is aimed to know the influence of the insertion of snowball throwing technique in quantum teaching learning model to the students’ mathematic conceptual understanding.  The method used is quasi experiment. This experiment was conducted in SMPN Tangerang on the eighth grade students. The instrument of research used is the test of students’ learning achievement in the form of essay. From the result of the average score of the students’ conceptual understanding, it is obtained that the average score of the experimental class is 66,1 and the average score of the controlling class is 59,7.  The technique of data analysis used in this research is t-test to evaluate the  hypothesis. From the result of calculation, it is obtained tcount is 1,78 and ttable is 1,66. Because of tcount > ttable (1,78 > 1,66), so H0 is rejected. It means that the students’ mathematic conceptual understanding that is taught by using the insertion of snowball throwing technique in quantum teaching learning model is higher than the students’ mathematic conceptual understanding that is taught by using conventional asking technique in quantum teaching learning model. The learning process by using the insertion of snowball throwing technique in quantum teaching learning model that is applied on experimental class, makes the students have better asking activities, so that the insertion of snowball throwing technique in quantum teaching learning model gives positive influence to the students’ mathematic conceptual understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

DePorter, Bobbi, et.al. (2001). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni, et.al. (2007). Pembelajaran Visioner: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalal, Fasli. (n.d.) Hasil Penelitian Pendidikan di Indonesia, 29-39. Diakses di http://ebookbrowse.com/wamendiknas-simposium-nasional-penelitian-inovasi-pendidikan-pdf-d67973755

Kilpatrick, Jeremy, Jane Swafford dan Bradford Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. 118-120. Washington DC: National Academy Press. Diakses di http://books.google.co.id/books?id=df7ZX4a8fzAC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Kumpulan Metode Pembelajaran / Pendampingan. (n.d.). Diakses di www.smeru.or.id/report/training/menjembatani...dan.../3553.pdf

Masitoh dan Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Mertler, Craig A. (2001). Designing Scoring Rubrics for Your Classroom. Diakses di http://www.learner.org/workshops/tfl/resources/s7_rubrics.pdf

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2011). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Skemp, Richard R. (1976). Relational Understanding and Instumental Understanding. Warwick: Mathematics Teaching. Diakses di http://www.mth.pdx.edu/~jfasteen/sum11/211Reading1Skemp.pdf

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Anggraini, H. T. . (2023). PENGARUH PENYISIPAN TEKNIK SNOWBALL THROWING DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 29-41. https://doi.org/10.20527/fpf4md32