PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MODEL DICOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Putri Harianti Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Nahor Murani Hutapea Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Maimunah Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/kk3y1p54

Keywords:

desain perangkat pembelajaran, model discovery learning, bangun ruang sisi datar

Abstract

Perangkat pembelajaran memiliki pengaruh cukup besar terhadap pelaksanaan proses pembelajaran di satuan pendidikan. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mencantumkan setiap tahapan model pembelajaran pada kegiatan inti dalam proses pembelajaran. Ketidaksesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan menyebabkan perlu dilakukan pengembangan desain perangkat pembelajaran sesuai dengan yang dibutuhkan satuan pendidikan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan desain perangkat pembelajaran melalui penerapan model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Silabus, Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan desain perangkat pembelajaran menggunakan model 4D, melalui tahap Define, Design, dan Develop. Pada tahap Define, peneliti melakukan analisis perangkat pembelajaran, analisis materi dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap Design, peneliti merancang perangkat pembelajaran berdasarkan analisis yang dilakukan. Pada tahap Develop, perangkat pembejaran yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Berdasarkan hasil validasi dari tim ahli, silabus yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,722; RPP dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,716; dan LKPD dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,369. Setelah divalidasi perangkat pembelajaran dilakukan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah melalui tahap validasi oleh tim ahli sehingga desain perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid.

 Learning tools have quite a big influence on the implementation of the learning process in educational units. The learning tools used by teachers do not include each stage of the learning model in the core activities in the learning process. The incompatibility of the learning tools used makes it necessary to develop the design of learning tools in accordance with the needs of the educational unit. Based on these problems, researchers conducted research into the development of learning device designs through the application of discovery learning models to flat-sided geometric material. The learning tools developed are Syllabus, Learning Implementation Plan (RPP) and Student Worksheets (LKPD). Development of learning device designs using 4D models, through the Define, Design and Develop stages. At the Define stage, the researcher carried out an analysis of learning tools, material analysis and analysis of student characteristics. At the Design stage, researchers design learning tools based on the analysis carried out. At the Develop stage, the learning tools developed are validated by a team of experts. Based on the validation results from the expert team, the syllabus developed was declared very valid with an average score of 3,722; The RPP was declared very valid with an average value of 3,716; and the LKPD was declared very valid with an average value of 3,369. After validation, the learning tools are revised. The learning tools developed have gone through the validation stage by a team of experts so that the learning tool design meets valid criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., Maison, M., & Dani, R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 123–128.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Astarina, Y. (2015). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fisika Berbasis Metode Inkuiri Pada Materi Suhu dan Kalor SMA Barrang Lompo. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 192–199.

Jumadiyono. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang Menggunakan Media Miniatur Benda Tiga Dimensi Siswa Kelas VI Tuna Grahita SLB Negeri Tamanwinangun Kabupaten Kebumen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 5(1), 69–80.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Lukitawati, E. (2016). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MEDIA BENDA ASLI. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 922–930.

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 249–561.

Maydiantoro, A. (2021). Model -Model Penelitian Pengembangan. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29–35.

Mumu, A. S., Dungus, F., & Mondolang, A. H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(3), 179–188.

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424.

Ponidi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaranmatematika Kelas X Mm Smk N I Merbau. Stit Pringsewu, 6(1), 47–51.

Sari, N. P. (2021). Pengembangan Alat Peraga Berbasis Augmented Reality Pada Materi Suhu dan Kalor Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Di SMP Negeri 3 Palibelo. Universitas Islam Negeri Mataram.

Suhana, H. & C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Refik Aditama.

Tampubolon, D. (2017). Students’ Perception on the Discovery Learning Strategy on Learning Reading Comprehension at the English Teaching Study Program Christian University of Indonesia. Journal of English Teaching, 3(1), 43–54.

Zaidah, B. S., S. & S. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 10(2), 39–53.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Putri Harianti, Nahor Murani Hutapea, & Maimunah. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MODEL DICOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 404-412. https://doi.org/10.20527/kk3y1p54