PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI DERET ARITMETIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.20527/n29vzm54Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Deret Aritmetika, ADDIEAbstract
Pendidikan di Indonesia saat ini lebih diarahkan pada pola pendidikan yang modern. Hal ini dapat dilihat dari berbagai inovasi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasinya adalah dengan dikembangkannya media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi deret aritmetika untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran valid, dengan validasi dilakukan oleh dua orang validator dan diperoleh penyajian pada validitas materi sebesar 4,32 dan validitas media sebesar 4,22, yang keduanya termasuk dalam kriteria valid. Hasil kepraktisan dari angket respon guru sebesar 100% dan peserta didik sebesar 91,17% dengan keduanya termasuk pada kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan termasuk dalam kriteria sangat efektif dengan perolehan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,58%. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis android pada materi deret aritmetika untuk peserta didik kelas X SMA/MA dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.
Education in Indonesia is currently more oriented towards a modern educational pattern. This can be seen from the various innovations implemented to improve the quality of learning. One of the innovations is the development of android-based learning media. This study aims to develop android-based learning media on arithmetic series material for class X high school students that are valid, practical, and effective. The method used is the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research shows that the learning media is valid, with validation conducted by two validators and obtained a presentation on material validity of 4.32 and media validity of 4.22, both of which fall into the valid criteria. The practicality results of the teacher response questionnaire were 100% and the students were 91.17% with both included in the very practical criteria. The effectiveness results are included in the very effective criteria with the acquisition of a classical completeness percentage of 91.58%. Thus, android-based learning media on arithmetic series material for class X high school students can be used in the learning process and meet the valid, practical and effective categories.
Downloads
References
Akbar, M. I., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Bentuk Aljabar. Dalam Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (Vol. 3, Nomor 2).
Anwar, H. (2017). Hasil Belajar Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif. Dalam Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Vol. 3, Nomor 2).
Arsyah, R. H., Ramadhanu, A., & Pratama, F. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Development Research) Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jamber : Universitas Jember.
Jayanti, I., Arifin, N., Dedi, N. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Dalam Jurnal Media Infotama (Vol. 14, Nomor 1).
Mulyoto, H. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Deret Aritmatika. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2809
Novianita, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Paujiyahsipa. (2021). Perubahan Pendidikan di Indonesia. https://mahasiswaindonesia.id/problematika-pendidikan-di-indonesia.
Rahmawati, A. (2022). Problematika Pendidikan di Indonesia di Tengah Perkembangan Era Digital.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosdiana. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Listening.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Dalam Hotel Grasia. http://www.pisaindonesia.wordpress.com
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yahya, H., Fajriah, N., & Mawaddah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Pola Bilangan Tingkat SMP/MTs. Dalam Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (Vol. 3, Nomor 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




