PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERNUANSA BANGUNAN IKONIK KALIMANTAN SELATAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS SEDERAJAT

Authors

  • Anggita Selvi Mariana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Rahmita Noorbaiti Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/tn1eeh50

Keywords:

Media Pembelajaran, Book Creator, Bangun Ruang, Ikonik

Abstract

Permasalahannya adalah siswa kurang memahami materi pembelajaran dan banyak pengajar yang mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan berbasis inovasi, misalnya Book Creator yang menggabungkan lingkungan sosial terdekat. Kemajuan media pembelajaran Book Creator berbasis inovasi yang dapat diterapkan pada materi Ruang Samping Tingkat Bangunan dengan seluk-beluk struktur yang terkenal di Kalimantan Selatan. Tujuan dari eksplorasi ini adalah untuk menentukan siklus perbaikan dan kemungkinan media pembelajaran Book Creator yang dapat diterapkan pada materi Membangun Ruangan Sisi Tingkat dengan seluk-beluk struktur yang terkenal di Kalimantan Selatan untuk kelas VIII SMP/MTS dan sejenisnya. pelajar. Model kemajuan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah survei legitimasi, jajak pendapat reaksi siswa, dan tes. Eksplorasi ini diarahkan di Kelas VIII SMPN 1 Kelumpang Hilir tahun pelajaran Semester Genap 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil pengujian informasi validator 1 menunjuk­kan tingkat tingkat persetujuan sebesar 84% yang dikategorikan sangat valid. Validator 2 memiliki tingkat persetujuan sebesar 83%, juga dengan aturan yang sangat valid. Persetujuan instruktur memberikan tingkat persetujuan sebesar 96%, dengan standar yang sangat valid. Mengingat konsekuensi dari reaksi siswa, skor rata-rata umum adalah 3,6 dengan tingkat wajar 90%, yang diingat karena aturan yang sangat masuk akal. Hasil penilaian kesesuaian hasil belajar siswa dengan Aturan Pemenuhan Minimal (KKM) 70 menunjukkan bahwa 86,7% siswa telah tuntas, sedangkan 13,3% siswa belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Book Creator memenuhi standar substansi, wajar dan menarik sehingga cenderung diterapkan pada materi Ruang Sisi Tingkat Bangunan dengan kehalusan struktur bangunan terkenal di Kalimantan Selatan.

The issue is that understudies don’t comprehend the learning material and numerous instructors experience issues making fascinating, innovation based learning media, for example, Book Creator which incorporates nearby social settings. Advancement of innovation based Book Creator learning media that can be applied to material on Building Level Side Spaces with subtleties of notorious structures in South Kalimantan. The point of this exploration is to decide the improvement cycle and possibility of the Book Creator learning media which can be applied to the material on Building a Level Side Room with the subtleties of a famous structure in South Kalimantan for class VIII SMP/MTS and comparable understudies. This examination is Improvement Exploration (Research and development), the ADDIE advancement model. The instruments utilized were legitimacy surveys, understudy reaction polls, and tests. This exploration was directed in Class VIII of SMPN 1 Kelumpang Hilir in the 2023/2024 Even semester scholastic year with a sum of 30 understudies. The consequences of validator 1 information examination assortment show an approval rate level of 84%, which is ordered as extremely legitimate. Validator 2 has an approval pace of 83%, likewise with extremely legitimate rules. Instructor approval gives an approval pace of 96%, with extremely legitimate stan­dards. In light of the consequences of understudy reactions, the general typical score is 3.6 with a reasonable level of 90%, which is remembered for the exceptionally commonsense rules. The rate results for surveying the appropriateness of understudy learning results with Least Fulfillment Rules (KKM) 70 show that 86.7% of understudies have finished, while 13.3% of understudies have not finished. This shows that the Book Creator learning media meets the standards of being substantial, reasonable and compelling so it tends to be applied to material on Building Level Side Spaces with subtleties of notable structures in South Kalimantan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Konteks Budaya Lokal Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 1 Banyudono. Jurnal Matematika, 2(1), 35-45.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., dan Yuliany, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran digital book pada materi aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). 13-30

Aprilia, D., dan Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(8), 1-12.

Aprillianti, P., dan Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Studi kasus di SD Negeri Sugihan 01 Kelas V. Prosiding SNasPPM, 6(1), 80-88.

Fikrah, Z. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Fitriani. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Megaluh Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 12-22

Gunawan dan Ritonga, Asnil. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Bandung: PT Raja Grafido Persada.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research dan Development) : Uji Produk Kuantitaif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara

Hasanah, I., dan Rodi’ah, S. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani berbantu media Book Creator digital dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa pada tingkat sekolah dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23-35.

Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54.

Loliza, S., dan Amini, R. (2020). Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Turnamen terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4), 152-162.

Mulyani. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 91-102.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Puspitasari, V., dan Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development, 8(4), 310-310.

Purbaningrum, M., Cahyani, C. M., Bilad, D. I., Wulandari, E. A., Dewi, D. L., Afifah, N., ... & Kusuma, R. A. (2021). Etnomatematika beberapa sistem budaya di indonesia. Zifatama Bandung: Jawara.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Shabir, S. M. A., Syach, M. U., Rozzaq, G. A., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tengger Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 490-497.

Safitri, D. D., dan Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 99-114.

Setiawan, T. Y., dan Fikri, A. (2022). The Development of E-LKPD Using Book Creator on Fraction Operations Material in Elementary School. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 10(1).

Setyawan, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Integrasi Budaya Lokal Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen. Jurnal Matematika Terapan, 7(2), 56-67.

Sudiksa, I. M., Divayana, D. G. H., dan Warpala, W. S. (2020). Pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar mahasiswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 86-97.

Ubaidillah, M., dan Suwono, H. (2019). Etnomatematika sebagai Dasar Pengembangan Pembelajaran Matematika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1-14.

Zainil, M., Helsa, Y., Ahmad, S., Ningsih, Y., Ningsih, H., dan Yanti, W. T. (2019, October). The differences in geometry cognitive learning results using ICTAdobeFlash CS6 program. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022090). IOP Publishing.

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157-170.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Anggita Selvi Mariana, Noor Fajriah, & Rahmita Noorbaiti. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERNUANSA BANGUNAN IKONIK KALIMANTAN SELATAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS SEDERAJAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 294-303. https://doi.org/10.20527/tn1eeh50