PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUKAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.20527/y6eb8995Keywords:
discovery learning, LKPD, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantukan LKPD untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi intregal fungsi aljabar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan Taggart. Dilaksanakan pada bulan April-Mei 2023 selama 3 minggu dengan subjek penelitian adalah kelas XI Agama 2 MAN Kota Blitar yang berjumlah 33 peserta didik. Adapun objek penelitian adalah pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran matematika khususnya materi Integral Fungsi Aljabar. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, soal tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Prosedur teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulan data, reduksi, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dengan menerapakan model discovery learning berbantukan LKPD. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) partisipasi peserta didik selama pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantukan LKPD pada siklus I sebesar 60,606% dan pada siklus II sebesar 84,848%, (2) pemahaman konsep dari hasil evaluasi belajar peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari KKM pada siklus I sebesar 57,575% dan siklus II sebesar 81,818% sehingga ada meningkat sebesar 24,243%. Dapat disimpulkan bahwa RRu.
This study describes the application of discovery learning model supported by worksheet/LKPD to improve conceptual understanding on integration algebra function material. This type of research is a Classroom Action Research (CAR) with Kemmis and Taggart spiral model. It was conducted in April-May 2023 for 3 weeks with the research subject being Class XI Religion 2 MAN Kota Blitar which amounted to 33 students. The object of research is conceptual understanding of students in mathematics subjects, especially the integral material of algebraic functions. Data collection techniques used are observation techniques, learning outcomes test questions, and field notes. The data analysis technique procedure used is data collection, reduction, processing data and drawing conclusions. Based on the results of the study, it shows that there is an increase in conceptual understanding by applying the discovery learning model supported by LKPD. The increase that occurred was, (1) the participation of students during learning using the discovery learning model supported by LKPD in Cycle I amounted to 60.606% and in Cycle II amounted to 84.848%, (2) conceptual understanding from the results of student learning evaluations that obtained scores higher than KKM in Cycle I of 57.575% and Cycle II of 81.818% so that there was an increase of 24.243%. It can be concluded that the application of the discovery learning model supported by LKPD can improve concept understanding.
Downloads
References
Arisanti, A., & Khotimah, R. P. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (PTK Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). http://eprints.ums.ac.id/44825/
Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, & Rahardjo, S. B. (2020). The potential of discovery learning models to empower students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1), 012036. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012036
Damayana, R., Andinasari, A., & Lusiana, L. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 223. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i4
Danial, M., & Sanusi, W. (n.d.). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. 615–619.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kesumawati, Nila. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Diakses pada 04 Juni 2023. https://core.ac.uk/download/pdf/11064532.pdf
Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. (2020, January 29). https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 103. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122
Pahleviannur, M. R., Hari Mulyono, Vidriana Oktoviana Bano, Rizqi, M., Syahrul, M., Lathif, N., Prihastari, E. B., Ani, K., Zakaria, Z., & Hidayat, N. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Pradina Pustaka.
Pramono, E. (2021, May 31). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. https://fkip.umko.ac.id/2021/05/31/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning/
Putri, Anike, Yenita Roza, Maimunah. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Education Sciences, vol. 4, no. 1, hal. 83-92.
Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369
Sari, Arnida, Rena Revita, Suhandri. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Suska Journal of Mathematics Education, vol. 6, no. 2, hal. 135-144.
Wahyuni, Reny & Efuansyah. (2019). Pengebangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, hal. 105-118.
White, J. (2021, April 13). One-on-One Math using Discovery Learning. Summit Educational Group. https://mytutor.com/blog/1-1-math-discovery-learning/
Yorizon, Atus Amadi Putra & Muhammad Subhan. (2018). Mathematics Learning Instructional Development Based on Discovery Learning for Student with Intrapersonal and Interpersonal Intelligence (Preliminary Reasearch Stage). International Electronic Journal of Mathematics Education, vol. 13, no. 3, hal. 97-101.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




