MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MUARA UYA

Authors

  • Norfadiyah Septiyanti Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Taufiq Hidanyanto Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/jjf1xw87

Keywords:

Aktivitas dan Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar, Numbered Heads Together

Abstract

Kurangnya aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran menjadikan rendahnya hasil belajar siswa penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada bangun ruang sisi datar siswa SMP Negeri 1 Muara Uya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 28 orang siswa. Analisis data digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kuantitatif, data diperoleh dari angka rata-rata dan persentase. Instrumen digunakan pengumpulan data, lembar observasi dan tes akhir. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Sebelum dilakukan tindakan penelitian, aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar belum memuaskan. Menurut hasil penelitian pada aktivitas siswa memperoleh rata-rata sebesar 73% siklus I dan 83% siklus II. Pada hasil belajar peneliti menyimpulkan bahwa ketuntasan klasikal siklus I memperoleh 50% dan pada siklus II memperoleh 100%. Dengan demikian model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya materi bangun ruang sisi datar.

The lack of student activity during the learning process causes low student learning outcomes This study aims to: (1) to find out the activities of students in improving the learning outcomes of mathematics learning materials for three dimensional shape in class VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya using the Numbered Heads Together (NHT) type cooperative learning model; (2) to determine the improvement of mathematics learning outcomes in the construction of three dimensional shape of SMP Negeri 1 Muara Uya students applying the Numbered Heads Together (NHT) type cooperative learning model. This type of research is Classroom Action Research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementation of actions, observation, and reflection. The subject of the study is 28 students in grade VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya for the 2023/2024 academic year. Data analysis was used quantitative and quantitative descriptive approaches, data were obtained from average and percentage figures. Instruments are used for data collection, observation sheets and final tests. Data was collected by learning outcome tests. Before the research action was carried out, the activities and learning outcomes of mathematics in the building material of the flat side space were not satisfactory. Based on the results of the research on student activities, the average was 73% of the first cycle and 83% of the second cycle. In the learning results, the researcher concluded that the classical completeness of the first cycle obtained 50% and in the second cycle obtained 100%. Thus, the NHT-type cooperative model can improve the activities and learning outcomes of students in grade VIII A SMP Negeri 1 Muara Uya building materials for three dimensional shape.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinah. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tope Numbered Heads Together (NHT) di SMP Negeri 1 Banda Aceh: Jurnal Pendidikan, Sains dan Humaniora, 7 (5), 608-610.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barutu, D. R. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemtika Siswa SMP: Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1 (2), 143-147.

Hamalik. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani, I. M. (2021). Peningkatan Hasil belajar Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together: Jurnal Guru Membanggun, 40 (1), 9-10.

Hamzah, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menerapkan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas VIII Smp Negeri 1 Kemuning. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (2), 214-216.

Jumanta, H. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Rendas, M. L. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMPN 1 Ende Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3 (1), 23-32.

Riduan, A. (2006). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A. & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sudarmawan, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A MTs Rahmaniyah dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Lingkaran. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika,7 (1), 101.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarrya.

Sugiawan, R. N. N. (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3), 1-3.

Suprijono. (2015). Sintak Model Pembelajaran NHT. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Norfadiyah Septiyanti, Iskandar Zulkarnain, & Taufiq Hidanyanto. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MUARA UYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 51-65. https://doi.org/10.20527/jjf1xw87