PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.20527/k1wz3m22Keywords:
Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android, Bangun Ruang Sisi LengkungAbstract
Pesatnya pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni dalam kehidupan sehari-hari secara signifikan mempengaruhi dunia pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan media pembelajaran yang dikembangkan mengikuti kemajuan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran bagi pendidik. Perlunya pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi lengkung, karena media ini tidak hanya memfasilitasi penyajian materi dengan lebih baik tetapi juga membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara lebih baik. Kelebihan lainnya adalah media ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepraktisan media pembelajaran berbasis Android pada materi bangun ruang yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Four-D, melibatkan tiga validator dan 30 peserta didik untuk uji kepraktisan. Hasil validasi menunjukkan skor 3,33 untuk validitas materi dan untuk validitas media dengan skor 3,11, yang termasuk dalam kategori valid. Hasil uji kepraktisan dari angket peserta didik menunjukkan skor 87,56, yang diklasifikasikan sebagai sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan dapat dikategorikan sebagai valid dan sangat praktis.
The rapid development of Science, Technology, and Arts significantly influences daily life, particularly impacting the field of education. Therefore, it is crucial to develop learning media that align with technological advancements to facilitate the teaching process for educators. The need for developing Android-based learning media on topics like curved surface solids arises because these media not only enhance content presentation but also aid students in better understanding spatial geometry concepts. Another advantage is their accessibility anytime and anywhere. This research aims to evaluate the practicality of Android-based learning media developed for curved surface solids. The research method employed is Research and Development (R&D) using the Four-D model, involving three validators and 30 students for practicality testing. Validation results indicate scores of 3.33 for content validity and 3.11 for media validity, categorized as valid. Practicality testing results from student questionnaires show a score of 87.56, classified as highly practical. Thus, the developed Android-based learning media can be categorized as valid and highly practical.
Downloads
References
Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4, 91-96.
Arifin, d. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12.
Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Budiarto, M. (2000). Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”.
Djatmiko, H. (2018). Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 14.
Drs. Rudi Susilana, M. C. (2018). Media Pembelajaran. Hakikat,. Bandung: CV Wacana Prima.
Fitriyah, B. (2015). Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca pada Anak Pra Sekolah Berbasis Smartphone Android. Jurnal TEKNOIF, 62-69.
Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Malang: Gunung Samudera.
Mufthi, S. F.–Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. J. Kaunia, 60.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gang Persada.
Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Mataram: Prestasi Pustaka Publishers.
Nasution. (2013). Berbagai Pendekata Dalam Prose Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.
R Maskur, N. N. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2), 177-186.
Rahmawati, N. D. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 6 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.
Rifai, A. d. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. JKTP Vol 3 No (1), 10-17.
Satyaputra, A. ,. (2014). Begining Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sutjipto, C. K.-B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Verawati, E. C. (2019). Pemanfaatan Android dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana. Palembang: Unversitas PGRI Palembang.
Walle, J. A. (2001). Geometric Thinking and Geometri Concepts. In Elementary and Middle School Mathematics Theaching Developmentally, 4th ed. Boston: Allyn and Bacon.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




