PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI NUMERASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.20527/f77an490Keywords:
instrumen, tes, literasi, numerasi, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi numerasi pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D yang melalui 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun dalam penelitian ini hanya tahapan ketiga atau tahap pengembangan saja. Data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif yang berupa skor dari lembar validasi dan data kualitatif berupa kritik, komentar, atau saran dari validator. Hasil pengembangan berupa instrumen tes yang terdiri dari 10 soal menunjukkan persentase yang diperoleh dari tiga orang validator adalah 86,625% (kriteria sangat valid), 85,875% (kriteria sangat valid), dan 95,75% (kriteria sangat valid). Nilai rata-rata persentase kevalidan instrumen tes adalah 89,41% yang artinya instrumen tes literasi numerasi termasuk pada kategori sangat valid.
This research aims to produce a valid numeracy literacy instrument on two-variable linear equation systems for class VIII SMP. This type of research is Research and Development (R&D) research using the 4D research model which goes through 4 stages, namely definition, design, development and deployment stage. However, in this research only the third stage or development stage was carried out. The data used in this research and development is quantitative data in the form of scores from validation sheets and qualitative data in the form of criticism, comments or suggestions from validators. The results of the development in the form of a test instrument consisting of 10 questions show that the percentages obtained from the three validators were 86.625% (very valid criteria), 85.875% (very valid criteria), and 95.75% (very valid criteria). The average percentage value of the validity of the test instrument is 89.41%, which means that the numeracy literacy test instrument is included in the very valid category
Downloads
References
Apriatni, S., Yuhana, Y., & Sukirwan. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Materi Trigonometri Kelas X SMA. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 185-198.
Fauziah, R. (2019). Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Soal Cerita Bentuk Aljabar di Kelas VII-A MTs Al-Ma'rifat Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Tulungagung: IAIN Tulungagung: Skripsi tidak dipublikasikan.
OECD. (2016). Education at a Glance 2016: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing.
Patriana, W. S., & Wulandari, M. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Dalam Kegiatan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 3413-3430.
Prayitno, A., Sumarni, Syafari, R., Basir, M., Febrianti, D., & Putri, A. (2023). Instrumen Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Kuningan Jawa Barat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 789-801.
Rahmawati, P. D. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212-217.
Rovita, C. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Mengunakan Ispring Suite 9. Postlat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 150.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yoga Budi Bhakti, dkk. (2022). Evaluasi Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




