KAJIAN TEORI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annisa Mumtaza Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Translator
  • Shalsabila Putri Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Alya Sakila Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Siti Hasanah Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Alin Nurul Ma’ripah Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Iskandar Zulkarnain Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Pendidikan Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/x9hf1b21

Keywords:

Model Discovery learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana konsep Model Pembelajaran Discovery learning; (2) menganalisis bagaimana kajian kemampuan pemahaman konsep matematis; (3) menganalisis bagaimana imple­men­tasi Model Pembelajaran Discovery learning dalam meningkatkan kemam­puan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Discovery learning adalah suatu metode untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menentukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia, dan tahan lama dalam ingatan dan tidak akan mudah dilupakan oleh siswa. Dengan belajar penemuan, siswa juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi dalam pelajaran, hal ini menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi perkembangan siswa. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan yang bertujuan agar siswa dapat memahami setiap konsep matematika sehingga bukan hanya sekedar hafalan semata. (3) Implementasi model pembelajaran Discovery learning dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui enam tahapan yaitu (1) stimulation, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification atau pembuktian, (6) generalization.

This study aims to: (1) analyze how the concept of the Discovery learning Learning Model; (2) analyze how to study the ability to understand mathematical concepts; (3) analyze how the implementation of the Discovery learning Learning Model in improving students' ability to understand mathematical concepts. The results showed that: (1) Discovery learning is a method to develop active student learning by determining for yourself, investigating yourself, then the results obtained will be faithful, and long lasting in memory and will not be easily forgot-ten by students. By learning discovery, students can also learn to think analytically and try to solve their own problems faced in the lesson, this becomes a good habit for student development. (2) The ability to understand mathematical concepts is an ability that aims to enable students to understand every mathematical concept so that it is not just rote memorization. (3) The implementation of the Discovery learning learning model can affect the ability to understand students' mathematical concepts through six stages, namely (1) stimulation, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification or proof, (6) generalization.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, N. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5757-5768.

Argawi, A. S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75.

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. . (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158.

Fadhillah, W. D. & Syarif, A. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479.

Rahmat, H. K., dkk, (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117.

Imawati, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 14(2), 111-120.

Janah, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTS.

Maharyani, D. A. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Bangun Datar Kelas III. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(1), 36-46.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.

Ardhini, R. A., Waluya, S.B., Asikin, M. & Zaenuri (2021). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201-215.

Safitri, A. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106-9114.

Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Istiqomah, I. A., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 227-232.

Yadi, H. F. (2022). Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan. Jurnal Literasi Pendidikan, 234-245.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Shalsabila Putri, Alya Sakila, Siti Hasanah, Alin Nurul Ma’ripah, Iskandar Zulkarnain, & Noor Fajriah. (2024). KAJIAN TEORI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 164-174. https://doi.org/10.20527/x9hf1b21