KAJIAN TEORI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abdul Hadi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Fasha Adelia Lismana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Galih Dwi Herlianto Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Norifansyah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/va1g0g16

Keywords:

media pembelajaran digital, matematika, sekolah dasar, interaktivitas, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis digital di sekolah dasar terhadap peningkatan hasil   belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dari berbagai buku dan jurnal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membaca berbagai buku serta menggunakan bantuan internet untuk mencari artikel atau jurnal dari penelitian terdahulu yang sesuai dengan objek penelitian ini. Artikel dan jurnal yang dipilih dibatasi pada publikasi dari tahun 2012 hingga tahun 2023. Artikel ini membahas penggunaan media pembelajaran matematika berbasis digital di sekolah dasar, dengan fokus pada kajian teoritis terhadap efektivitas dan implementasinya. Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan telah menjadi tren global yang menawarkan berbagai keuntungan, termasuk peningkatan interaktivitas, akses terhadap sumber belajar yang lebih beragam, dan kemampuan untuk mempersonalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui kajian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai potensi dan batasan penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.

This research aims to analyze the use of digital-based learning media in elementary schools to improve student learning outcomes. The research method used is library research from various books and journals. The data collection method was carried out by reading various books and using the internet to search for articles or journals from previous research that were appropriate to the object of this research. The selected articles and journals are limited to publications from 2012 to 2023. This article discusses the use of digital-based mathematics learning media in elementary schools, with a focus on theoretical studies of its effectiveness and implementation. The use of digital technology in education has become a global trend that offers a variety of benefits, including increased interactivity, access to a wider range of learning resources, and the ability to personalize learning according to student needs. Through this study, it is hoped that it can provide deeper insight into the potential and limitations of using digital learning media in improving the quality of mathematics learning at the elementary school level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, S. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Pengajaran Matematika: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Jurnal Dunia Ilmu, 3(3).

Baharuddin, B., & Hatta, H. (2024). Transformasi Manajemen Pendidikan: Integrasi Teknologi dan Inovasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7355-7544.

Drijvers, P. (2013). Digital technology in mathematics education: why it works (or doesn’t). PNA, 8(1), 1-20.

Hamalik, O., & Oemar Hamalik. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021). Media pembelajaran audio video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327-338.

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran e-learning di masa pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio, 10(1), 48-52.

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121-1126.

Maghfiroh, A. N., Daksana, M. F. E. H., & Salma, S. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55-64.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43-52.

Puspita, K. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 14(1), 85-98.

Putra, Z. H. (2019, August). Tantangan dan peluang guru SD dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi digital di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 7-19).

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21-30.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Winarso, W. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. EduMa: Mathematics education learning and teaching, 3(2).

Wulandari, Z. R., Azzahra, N., Wulandari, P., & Santoso, G. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Memperkuat Jiwa Kewarganegaraan di Era Digital dengan Pendidikan Kewarganegaraan yang Komprehensif Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(02), 415–424.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). Malang: UMMPress.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Abdul Hadi, Fasha Adelia Lismana, Galih Dwi Herlianto, & Norifansyah. (2024). KAJIAN TEORI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 278-285. https://doi.org/10.20527/va1g0g16