PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.20527/714a0852Keywords:
modul ajar, pendekatan realistik, bangun datarAbstract
Pembelajaran matematika materi bangun datar memerlukan pemahaman konsep yang mendalam bagi siswa sekolah dasar karena memiliki banyak simbol, rumus, dan operasi formal sementara mereka masih berada pada tahap operasional konkret. Salah satu solusi yang dapat dilaku-kan adalah dengan menyediakan modul ajar yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Modul ajar dengan pendekatan realistik diharapkan dapat menumbuhkan pembelajaran yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar dengan pendekatan realistik pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD/MI yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Guntung Manggis. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes. Hasil validasi modul ajar didapatkan rata-rata persentase validator berada pada kategori valid. Hasil uji kepraktisan telah mencapai kriteria praktis. Hasil analisis uji keefektifan telah mencapai kategori sangat efektif. Dengan demikian, modul ajar dengan pendekatan realistik untuk siswa kelas IV SD/MI telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Learning mathematics about plane figure materials requires a deep understanding of the concept for elementary school students because it has many symbols, formulas, and formal operations while their are still at the concrete operational stage. One solution that can be done is to provide teaching modules that are interesting and related to students' daily lives. Teaching modules with a realistic approach are expected to foster meaningful learning. The purpose of this research is to produce teaching modules with a realistic approach to plane figure subject matter for grade IV elementary school students that are valid, practical, and effective. The research method used is the development method (R&D) with the 4D model. The research subjects were fourth-grade students of State Elementary School 3 Guntung Manggis. Data collection instruments consisted of validation sheets, teacher and student response questionnaires, and tests. The results of the validation of the teaching module showed that the average percentage of validators was in the valid category. The practical test results have reached is practical criteria. The results of the effectiveness test analysis have reached the very effective category. Thus, the teaching module with a realistic approach for grade IV SD/MI students has met the criteria of being valid, practical, and effective.
Downloads
References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
BSKAP Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. BSKAP Kemendikbudristek.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnall Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 315–322. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Fitriyana, Z. N., Mailizar, M., & Seruni, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 279. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.10014
Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa SMP Kota Jambi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172–2184. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.711
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Latifa, A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Melatih Sikap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD/MI.
Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.134
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nur, Y. S., Amin, S. M., & Mustaji. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal untuk Kelas V Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik. Pendidikan Dasar, 4(1).
Prastitasari, H., Qohar, A., & Sa, C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. 2016, 1599–1605.
Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Badruddin. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan, c, 23–32.
Rofiroh. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Realistik Pada Pokok Bahasan Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VII. 3(1), 1–8.
Saputro, G. S., & Khusna, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2523–2531. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.878
Simbolon, S., & Sapri. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Sumantri, M. . S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (n.d.). https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




