PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KREATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anisa Nabilah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Firda Amalia Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Heni Siti Angreini Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Mahfuzhatur Rahmi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/nsy8fs38

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Berpikir Logis, Berpikir Kreatif, Sekolah Dasar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan pembelajaran matematika yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode kajian. Metode kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Kajian ini menunjukkan bahwa beberapa pendekatan pembelajaran matematika yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa sekolah dasar diantaranya pendekatan matematika realistik, pendekatan problem based learning dan pendekatan open-ended. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran matematika yang efektif dengan metode kajian untuk memaksimalkan pengembangan kemampuan berpikir logis dan kreatif siswa sekolah dasar. Guru juga perlu memperhatikan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa dalam memilih pendekatan pembelajaran yang tepat.

The writing of this article aims to examine effective mathematics learning approaches in developing logical and creative thinking skills of elementary school students by using the review method. The review method used in this research is a literature study. This study shows that several mathematics learning approaches are effective in developing logical and creative thinking skills of elementary school students including realistic mathematics approach, problem-based learning approach and open-ended approach. This study recommends that teachers use effective mathematics learning approaches with the study method to maximize the development of logical and creative thinking skills of primary school students. Teachers also need to pay attention to the characteristics and learning needs of students in choosing the right learning approach.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, B. B. (2015). Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Repaking - Wonosegoro - Boyolali. Scholaria, 83-84.

Arif, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based-Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 143-144.

Cahyaningsih, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter. doi:https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736

Datreni, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 372. doi:https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49468

Dhoruri, A. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Universitas Negri Yogyakarta, 5.

Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina. (2021). Pengaruh Pendekatan Open - Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 752-753.

Jamiah, Y. (2012). Internalisasi Nilai-nilai Berpikir Kritis melalui Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Matematika Kreatif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2).

Julie, H. (2016). Karakteristik Intertwining dalam Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 25(2), 109-120.

Khotimah, S. H., & As'ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 495-496.

Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi TIK Untuk Menumbukan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2).

Lestari, A. Y., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebab Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).

Lubis, W. A., & Syahputra, E. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Autograph. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education : Model Alternatif Pmbelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2),73.

Nur, I. R., Herman, T., & Mariyana, R. (2018). Logical-mathematics intellegence in early childhood students. International Journal Of Social Science and Humanity, 8(4), 105-109.

Nur, M. (2011). Model pembelajaran. Pusat dan Matematika sekolah UNESA.

Nurlaila, S., & dkk. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 43-49.

Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 72-73.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01).

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal FMIPA Unila, 225-238.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 2646.

Setiani, N. L., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Semangat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada Sdlb.B.N.Sidakarya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 5(1), 207-276.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.

Sholihah, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Puzzle Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1.

Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146.

Sugilar, H. (2023). Strategi Membangun Kemampuan Logis Matematis Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue In Elementary Education (JCIEE), 1(2).

Suherman, Erman, & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematik Kontemporer. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 124.

Sujoko, W., & Edy, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Researchgate 320736483.

Sukmadinata. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51.

Tanjung, S. D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 200111. Jurnal Ilmiah MBP, 110.

U.S., S. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif.

Wahyuni, D., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. Aksioma, 8(1), 32-40.

Yusmaniar, Y. (2017). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Operasi Hitung. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 51-58.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Anisa Nabilah, Firda Amalia, Heni Siti Angreini, Mahfuzhatur Rahmi, Iskandar Zulkarnain, & Noor Fajriah. (2024). PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KREATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 364-372. https://doi.org/10.20527/nsy8fs38