ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENERAPAN INTEGRAL LIPAT TIGA PADA MATA KULIAH PEUBAH BANYAK
DOI:
https://doi.org/10.20527/rsvsef79Keywords:
Kesulitan mahasiswa, Kalkulus Peubah Banyak, Penerapan IntegralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan penerapan integral lipat tiga pada mata kuliah kalkulus Peubah Banyak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 94 orang mahasiswa semester empat tahun akademik 2023/2024 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya. Teknik pengumpulan data yang diguna¬kan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian diperoleh 4 jenis kesulitan mahasiswa, yaitu 1) kesulitan dalam menggambar daerah yang dibatasi, 2) kesulitan dalam menentukan batas integrasi, 3) kesulitan dalam mengintegralkan dengan bentuk batas fungsi, 4) kesulitan dalam melakukan perhitungan.
This research aims to analyze students' difficulties in solving problems applying triple integrals in the Multiple Variable Calculus course. This research is qualitative research. The research subjects were 94 students in the fourth semester of the 2023/2024 academic year of the Mathematics Education Study Program, Sriwijaya University. The data collection techniq¬ues used are tests, observation, interviews and documentation. The data analysis technique is carried out using qualitative data analysis, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The data validity technique uses triangulation techniques. The research results showed that there were 4 types of student difficulties, namely 1) difficulty in drawing the area E, 2) difficulty in determining integration limits, 3) difficulty in integrating with function limit forms, 4) difficulty in carrying out calculations.
Downloads
References
Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi integral lipat dua pada koordinat polar mata kuliah kalkulus lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123-134.
Aprizal, F. M. (2024, May). Pengaruh Self Confidence terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus Diferensial pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 40, pp. 82-92).
Berggren, J. L. 2006. Calculus: Mathematics.Encyclopedia Britannica. Diakses dari http://www.britannica.com/topic/calculus-mathematics.
Dewi, S. I. K. (2014). Analisis kesalahan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi bentuk aljabar smp negeri 1 kamal semester gasal tahun ajaran 2013/2014. MATHEdunesa, 3(2).
Fahrudin, F. A. (2018). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Taksonomi Solo. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 7-14.
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak berdasarkan Newmann’s Error analysis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 121-134.
Harel, G. (2013). Intellectual need. In K. Leatham (Ed.), Vital directions for research in mathematics education. (pp. 119–151). Springer.
Henra, K., Asnita, A. U., Riaddin, D., Resi, B. B. F., Setiawan, J., & Dahlan, T. (2021). Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Janan, T. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1266-1277.
Kashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2012). Designing a Blended Learning Model to Support Mathematical Thinking in Multivariable Calculus. In Outcome-Based Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education: Innovative Practices (pp. 221-239). IGI Global.
Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9-19.
Muchlis, E. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Integral Lipat di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 265-272).
Noeruddin, A. (2014). Implementasi model pembelejaran kooperatif tipe stad disertai pemberian umpan balik berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak ikip pgri Bojonegoro. Media Prestasi: Jurnal Ilmiah Stkip Pgri Ngawi, 13(1), 31-41
Nasir, R., Pathuddin, P., Meinarni, W., Alfisyahra, A., & Lebagi, D. (2022). Peningkatan Partisipasi Mahasiswa melalui Implementasi Desain Didaktis Materi Integral Lipat Tiga Berbantuan GeoGebra dan Nearpod. Jurnal Kreatif Online, 10(1), 85-94.
Nasution, N. B. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Fungsi Dua Peubah dengan Newmann’s Error Analysis (NEA). Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 21-32.
Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 27-35.
Salsabila, Y., & Pujiastuti, H. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 97-105.
Sholikah, A. U., & HW, S. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Supriadi, A. (2021). Pemahaman Mahasiswa Tentang Integral Lipat Dua Berdasarkan Teori APOS. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 55-63.
Thompson, P. W., & Harel, G. (2021). Ideas foundational to calculus learning and their links to students’ difficulties. ZDM–Mathematics education, 53(3), 507-519.
Trigueros, M., & Ursini, S. (1999). Does the understanding of variable evolve through schooling? In O. Zaslavsky (Ed.), Proceedings of the International Group for the Psychology of Education (Vol. 4, pp. 273–280). PME.
Wahyuni, A., Kurniawan, P., Waluya, S. B., & Cahyini, A. N. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS (pp. 623-629). Semarang: FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




