ANALISIS INDIKATOR BERPIKIR KRITIS MATEMATIS  PADA SOAL MATEMATIKA PISA KONTEN DATA DAN KETIDAKPASTIAN

Authors

  • Reska Dina Putri Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Putri Yuanita Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Kartini Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/nxsk3305

Keywords:

Analisis, Berpikir kritis, Matematika PISA, Data dan ketidakpastian

Abstract

PISA merupakan program penilaian tiga tahunan yang mengukur literasi membaca, sains dan matematika negara di dunia. Penilaian PISA tidak hanya berfokus pada literasi saja tapi terdapat fokus penilaian yaitu kemampuan berpikir kritis matematis khususnya pada domain matematika, sebagai bentuk kemampuan yang penting dikuasai anak pada abad 21. Kemampuan berpikir kritis matematis memiliki empat indikator yang utama yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan indikator berpikir kritis matematis pada soal yang terdapat pada penilaian matematika PISA pada data dan ketidakpastian . Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi. Data yang digunakan adalah soal matematika PISA tahun 2012 dan 2022 sebagai domain utama, sehingga soal yang disajikan lebih beragam. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal matematika PISA konten analisa data dan peluang adalah soal yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan indikator yang dimiliki evaluasi, interpretasi lalu dilanjutkan dengan analisis dan inferensi. Hasil penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti atau guru untuk mengembangkan soal yang mengukur kemampuan berpikir kritis matematis yang setipe dengan soal PISA.

PISA is a three-year assessment program that measures the reading, science and mathematics literacy of countries in the world. The PISA assessment does not only focus on literacy, but there is an assessment focus, namely mathematical critical thinking skills, especially in the mathematics domain, as a form of ability that is important for children to master in the 21st century. Critical thinking skills have four main indicators, namely inter­pretation, analysis, evaluation and inference. This research aims to determine indicators of mathematical critical thinking on questions contained in the PISA mathematics assessment on the content of data and uncertainty. This research is included in qualitative research with content analysis techniques. The data used are 2012 and 2022 PISA mathematics questions as the mayor domain, so the questions presented are more diverse. The results of the analysis show that the PISA mathematics questions containing data analysis and opportunities are questions that can measure students' mathematical critical thinking abilities with indicators that include evaluation, inter­pretation and then continuing with analysis and inference. The results of this research can be used by researchers or teachers to develop questions that measure critical mathematical thinking skills that are of the same type as PISA questions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayub, S., Rokmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment ( PISA ) Tahun 2015. 7, 2623–2629.

Dewantara, A. H. (2019). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 197–213. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186

Fanani, Moh. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Gustininingsi, T. (2015). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SIswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(1), 140–159.

Irnanda, Johar, R., & Muhammad Subiant. (2014). Pengembangan Soal Matematika Setara PISA pada Konten Shape and Space dan Change and Relationship untuk Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 29–39.

Kamid, K., Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1793–1806. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886–897. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.328

Muslimahayati. (2020). Pengembangan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 12–20.

OECD. (2006). Assessing Scientific, Reading and Mathematical Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2017). “PISA 2015 Mathematics Framework”, in PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Putri, R. D., Yuanita, P., Kartini, K., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM) Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 223–235.

Rahmawati, A., Sukmawati, A., & Noorbaiti, R. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas Viii Berbantuan Aplikasi Quizizz. Jurmadikta, 2(3), 31–42. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1375

Saputri, N. W., Turidho, A., Zulkardi, Darmawijoyo, & Somakim. (2020). Desain Soal PISA Konten Uncertainty and Data Konteks Penyebaran Covid-19. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 106–117. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8564

Putra, Y. S., Pasani, C. F., & Juhairiah. (2023). Efektivitas Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA GIBS. Prosiding SENPIKA , 1, 51–65.

Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 35–48.

Syamsiah, N., Saputro, M., & Ardiawan, Y. (2023). Pengembangan Instrumen Tes HOTS dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Materi Lingkaran. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 131–142.

Yansen, D. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA dengan Konteks Cabang Olahraga Bulu Tangkis. 2(2), 210–217.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Reska Dina Putri, Putri Yuanita, & Kartini. (2024). ANALISIS INDIKATOR BERPIKIR KRITIS MATEMATIS  PADA SOAL MATEMATIKA PISA KONTEN DATA DAN KETIDAKPASTIAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 228-239. https://doi.org/10.20527/nxsk3305