UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ninda Aulia Sept Vitri Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia Author
  • Khumairoh Lailatul Fadilah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia Author
  • Riza Ismiati Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/wqdsx122

Keywords:

Mengajar pada Tingkat yang Tepat, pendekatan yang berbeda, berpartisipasi, matematika

Abstract

Proses pembelajaran di kelas merupakan komponen penting dalam mentransfer pengetahuan kepada peserta didik dimana guru memiliki peran sebagai fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik, guru juga berperan dalam menentukan media dan model pembelajaran yang cocok dengan karakteristik peserta didik. Untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam, maka penting bagi guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensias, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi yang sistematis terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan partisipasi peserta didik di SMP Negeri 2 Candi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui pengamatan kelas. Guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan fokus pada proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, guru menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, termasuk kesiapan belajar, minat, dan gaya belajar serta menyesuaikan tugas untuk mendorong partisipasi aktif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan pendekatan berdiferensiasi, siswa termotivasi untuk belajar, terlihat dari partisipasi aktif dalam diskusi kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Candi.

The learning process in the classroom is a crucial component in transferring knowledge to students, where teachers play a role as facilitators in creating a safe and comfortable learning environment. Teachers also contribute by determining suitable teaching media and models that align with students' characteristics. To accommodate diverse student needs, it is important for teachers to implement differentiated instruction. The aim of this research is to systematically gather information regarding the application of differentiated instruction to enhance student participation at SMP Negeri 2 Candi. This study employs action research methodology, involving stages of planning, implementation, observation, and conclusion drawing. Data was collected through classroom observations. Teachers implemented differentiated instruction focusing on the learning process. Throughout this process, teachers utilized strategies tailored to students' needs and characteristics, including readiness to learn, interests, learning styles, and adjusted assignments to promote active student participation. The research findings indicate that after applying differentiated instruction, students were motivated to learn, as evidenced by their active participation in group discussions. Thus, it can be concluded that effective implementation of differentiated instruction can enhance active student participation in mathematics at SMP Negeri 2 Candi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algozzine, B., & Anderson, K. M. (2007). Tips for Teaching: Differentiating Instruction to Include All Students. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 51(3), 49–54. https://doi.org/10.3200/psfl.51.3.49-54

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Farid, I., Yulianti, R., Amin, H., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar (Vol. 4).

Hall, T., Strangman, N., & Meyer, A. (n.d.). Differentiated Instruction and Implications for UDL Implementation Effective Classroom Practices Report Differentiated Instruction and Implications for UDL Implementation NCAC Effective Classroom Practices Differentiated Instruction and Implications for UDL Implementation. http://www.cast.org/publications/ncac/ncac_diffinstruc.html

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kurnia Fitra, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301

Subban, P. (2006). Differentiated instruction: A research basis. International Education Journal, 7(7), 935–947. http://iej.com.au

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Tomlinson, C. A. (2001a). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Tomlinson, C. A. (2001b). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Wahyuninsih, S. & Lestari, Y. B. (2023). Comparative Study of Post-Marriage Nationality of Women in Legal Systems of Different Countries International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Implementation of Differentiated Instruction in Project Based English Language Learning: A Case Study at SMAN 1 Lambu. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i9.5044

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Vitri, N. A. S., Fadilah, K. L., & Ismiati, R. (2024). UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 1-8. https://doi.org/10.20527/wqdsx122