ANALISIS KEBUTUHAN MODUL MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Rezkiatu Novia Alhikmah Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Maimunah Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author
  • Yenita Roza Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/k2gfre47

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Modul Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan modul matematika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI SMA pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 41 orang peserta didik dan tiga orang guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik wawancara dan penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Peneliti melakukan analisis kebutuhan modul dan analisis peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku, peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara mandiri serta belum mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI SMA pada materi program linear.

This research aims to determine the need for a mathematics module to facilitate the mathematical problem solving abilities of class XI high school students in linear programming material. This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this research were 41 students and three mathematics teachers. The data collection techniques used were interview techniques and distributing questionnaires. The data obtained was analyzed using descriptive analysis.  Researchers conducted module needs analysis and student analysis. The results of the research show that students' mathematical problem solving abilities are still low, the teaching materials used in schools are books, students need teaching materials that are easy to understand and can be used independently and have not been able to facilitate the mathematical problem solving abilities of class XI high school students in the material. linear programming.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. . (2018). Analisi Kualitatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 33 Tahun 2022. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. 7823–7830.

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157-168. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235

Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853–864. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.38

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50-62. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709

Hilyani, N. H., Pitriani, & Malalina. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 57 Palembang Materi Aritmatika Sosial. Sigma, 12(2), 125–132.

Kartini, H. A., Ario, M., & Sari, R. N. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah. Jurnal Pendidik Indonesia, 1(1), 17–24.

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Mufidah, I., Susanto, H., & Sudirman. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Siswa SMK Kelas X. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.24269/silogisme.v6i2.4316

Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45-54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 201–209.

Sulistyaningsih, D., Waluya, B., Isnarto, I., & Sugiman, S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Materi Pola Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosidimg Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 1006–1012.

Thoibah, A. S., Siregar, S. N., & Heleni, S. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 213-226. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.18295

Ulva, D. Y., & Fitri, A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP N 4 Batang. Journal of Nusantara Education, 2(August), 11–21.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144.https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Rezkiatu Novia Alhikmah, Maimunah, & Yenita Roza`. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MODUL MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 240-247. https://doi.org/10.20527/k2gfre47