PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI MATHCITYMAP TERHADAP MATHEMATICAL PROFICIENCY PESERTA DIDIK DI SDN 066 HALIMUN
DOI:
https://doi.org/10.20527/efw4x029Keywords:
Discovery learning, MathCityMap, Mathematical ProficiencyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi MathCityMap terhadap Mathematical Proficiency peserta didik pada pembelajaran matematika di SDN 066 Halimun semester II tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI-A sebanyak 27 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest one group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menguji hipotesis menggunakan software SPSS Statistic 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi MathCityMap berjalan dengan baik. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Mathematical Proficiency peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi MathCityMap, dengan rata-rata nilai pretest adalah 38 dan rata-rata nilai posttest adalah 76. Terdapat pengaruh terhadap Mathematical Proficiency peserta didik dari hasil uji effect size yaitu 3.5 dengan kategori besar. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi MathCityMap berpengaruh terhadap Mathematical Proficiency peserta didik di SDN 066 Halimun.
This research aims to determine the effect of implementing the discovery learning model assisted by the MathCityMap application on students' Mathematical Proficiency in mathematics learning at SDN 066 Halimun in the second semester of the 2023/2024 academic year. The subjects of this research were 27 class VI-A students. The type of research carried out was quasi-experimental with a pretest and posttest one group design. Data collection techniques in this research are tests, observation, and documentation. Data analysis techniques by testing hypotheses using SPSS Statistics 26.0 for Windows software. Based on the research results, the description of the learning process using the discovery learning model assisted by the MathCityMap application went well. The results of the wilcoxon show that there is a difference in students' Mathematical Proficiency before and after using the discovery learning model assisted by the MathCityMap application, with the average pretest score being 38 and the average posttest score being 76. There is an influence on students' Mathematical Proficiency from the effect size test results, namely 3.5 in the large category. Therefore, the application of the learning model discovery learning assisted by the MathCityMap application influences the Mathematical Proficiency of students at SDN 066 Halimun.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Samperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 46–51.
Cahyani, Z. K., Cahyono, A. N., & Waluya, B. (2024). Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 739–743. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Helsa, Y., Juandi, D., & Turmudi. (2024). Mathematics Proficiency -- A Systematic Literature Review. KnE Social Sciences, 613–623. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.15965
Herlina, S., & Juandi, D. (2022). Systematics Literature Review: Pengembangan Mathematical Proficiency dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2122–2133.
Hikmawato, F. (2020). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project Berbantuan MathCityMap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 17–26.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.
Mahmudah, U. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas V SD. TSCJ, 3(2), 69–78.
Milgram, R. J. (2005). What is Mathematical Proficiency? Assessing Mathematical Proficiency, 1–28. https://doi.org/10.1017/CBO9780511755378.007
Nurdiansah, Y., Rohimah, S. M., Putri, S. A., & Anaya, S. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik SD Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Articulate Storyline. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 265–276. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.11273
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Badan Penerbit UNM.
Sinaga, J. S., Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction (E. Damayanti, Ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com
Soebagyo, J. (2017). Profil Pembelajaran dalam Mengakomodasi Mathematical Proficiency. Jurnal Euclid, 3(2), 474–603.
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94–100. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/
Victory, C. G., Adriantoro, A. A., & Rudhito, M. A. (2023). Pengembangan Math Trail Menggunakan MathCityMap Berbasis Etnomatematika Embung Tambakboyo Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(2), 141–160. https://doi.org/10.25139/smj.v11i2.6410
Wulandari, T. C., Raicucu, M. I. R., Abidin, Z., & Fajarianto, O. (2023). Math City Map: Application of Mathematics Outdoor Learning Using Mobile Application. 25(3), 487–495. https://doi.org/10.21009/JTP2001.6
Zender, J., Gurjanow, I., Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2020). New Studies in Mathematics Trails. International Journal of Studies in Education and Science (IJSES), 1(1), 1–14. http://www.nationalmathtrail.org/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




