PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI KONSEP BANGUN DATAR

Authors

  • 'Ali Ridho Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • M. Fadilah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Syintia Rahma Sari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fitri Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/nvshve65

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Teknologi, Bangun Datar, Matematika, Uji Statistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa sekolah dasar (SD), dengan fokus pada pembelajaran konsep bangun datar dalam mata pelajaran matematika. Metode eksperimen digunakan dengan melibatkan sampel siswa kelas 5 SD sebanyak 18 orang. Data dikumpulkan melalui tes akademik yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk mem-bandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil peneliti­an menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi. Temuan ini akan mendukung hipotesis bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa SD, khususnya dalam memahami konsep bangun datar. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar melalui penerapan teknologi.

This study aims to evaluate the effectiveness of using technology to enhance the academic performance of elementary school students, focusing on learning the concepts of plane geometry in mathematics. An experimental method was used, involving a sample of 5th-grade students. Data was collected through academic tests conducted before and after implementing technology-based learning methods. Data analysis was carried out using statistical tests to compare students' learning outcomes before and after the intervention. The study results are expected to show a significant difference in students' learning outcomes before and after the implementation of tech­nology-based learning methods. These findings will support the hypothesis that using technology in learning is more effective in improving elementary students' academic performance, particularly in understanding plane geo-metry concepts. Therefore, this study contributes to enhancing the quality of mathematics education in elementary schools through the application of technology.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akcaoglu, O., & Uluoglu, B. (2010). Effects of video tutorials on the mathematics achievement of students in modular distance learning. Computers & Education, 55(1), 1-10. Diakses di https://www.researchgate.net/publication/362657994_Effects_of_Video_Tutorials_on_the_Mathematics_Achievement_of_Students_in_Modular_Distance_Learning

Al-Dajani, W. S. (2015). The effect of using multimedia-based mathematics instructional modules on motivation and achievement of students in the seventh grade in Jordan. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 12(1), 1-16. Diakses di https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1054302.pdf

Ardiansyah, M., & Setiawan, D. (2020). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Dasar, 145-158.

Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1873 - 1886.

Bloom, B. S. (1981). Human characteristics and learning: The mastery learning model. McGraw-Hill.

Fosnot, C. D., & Gardner, J. (2001). Pembelajaran konstruktivis: Teori dan praktik. Gramedia Pustaka Utama.

Hartati, S., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 121-134.

M, F., N, K., & Widodo, S. A. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 89-100.

Rossi, G. (2007). GeoGebra software in teaching and learning geometry of 3-dimension to improve students' performance and attitude of secondary school teachers and students. International Journal of Learning and Teaching in Mathematical Education, 1(2), 111-126. Diakses di https://www.researchgate.net/publication/374196085_GeoGebra_software_in_teaching_and_learning_geometry_of_3dimension_to_improve_students'_performance_and_attitude_of_secondary_school_teachers_and_students

Sahid Raharjo. (2014). Panduan Lengkap Cara Melakukan Uji Wilcoxon dengan SPSS. SPSS Indonesia. Diakses di https://www.spssindonesia.com/2017/04/cara-uji-wilcoxon-spss.html

Santoso, B. (2018). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 115-122.

Suparman, A. &. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 99-110

Von Glasersfeld, E. (1995). A constructivist approach to knowledge. In L. P. Steffe & J. Kilpatrick (Eds.), Constructivist teaching: Challenges, contradictions, and opportunities (pp. 3-33). Lawrence Erlbaum Associates.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

’Ali Ridho, M. Fadilah, Syintia Rahma Sari, Noor Fitri, Zulkarnain, I., & Fajriah, N. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI KONSEP BANGUN DATAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 31-37. https://doi.org/10.20527/nvshve65