ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN ANGKA

Authors

  • Devi Adellia Saharani Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Faizza Zhara Adellia Adi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Nadia Mei Safitri Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Risyda Julia Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/haxmbg55

Keywords:

analisis kesalahan, Newman, geografis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa Sekolah Dasar (SD) dalam menyelesaikan soal pembulatan angka berdasarkan letak geografis mereka, dengan fokus pada perbandingan antara SD perkotaan dan SD pinggir kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan indikator Newman. Data dikumpulkan melalui pemberian tes tulis berisi soal pembulatan angka kepada siswa di kedua jenis sekolah tersebut. Soal tes telah tervalidasi dengan model soal berbasis masalah. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa di berbagai lokasi geografis.

This study aims to analyze elementary school (SD) students' errors in solving rounding number problems based on their geographical location, with a focus on the comparison between urban elementary schools and suburban elementary schools. The analysis method used is descriptive quantitative using Newman indicators. Data was collected by giving a written test containing questions about rounding numbers to students in both types of schools. The test questions have been validated using the Problem Based Learning question model. The implications of this research can provide insights for educators to design learning strategies that are more appropriate to the characteristics of students in various geographical locations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanti, Bharata, H., & Yunarti, T. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(7), 70-78.

Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1-10. doi:10.33369/pgsd.10.1.1-10

Ismah, E. R. (2015). Pengaruh Letak Geografis Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. FIBONACCI, 1(1), 82-96.

Ismawati, E. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

M. A. Putri, S. E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SD KelasV dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita pada Materi Pecahan Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-15.

Mufidah, A., Safruddin, & Turmuzi, M. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Tepas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 10 - 19. doi:10.29303/pendas.v3i1.398

Nina Agustyaningrum, P. P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582.

Ningtiyas, S. K., Sary, R. M., & Artharina, F. P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pembulatan Berdasarkan Metode NEA Pada Kelas IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 116 - 130. doi:10.36989/didaktik.v8i1.265

Suyitno, A. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly BasedOn Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Students). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Saharani, D. A., Adellia Adi, F. Z., Mei Safitri, N., Julia, R., Zulkarnain, I., & Fajriah, N. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN ANGKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 2, 23-30. https://doi.org/10.20527/haxmbg55