PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI DENGAN METODE TUTORIAL

Authors

  • Luriyan Apris Al-Banjari Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Author
  • R. Ati Sukmawati Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Novan Alkaf Bahraini Saputra Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/q2yvcf32

Keywords:

ADDIE, bangun ruang, interaktif, media pembelajaran, metode tutorial

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu metode dalam mengatasi segala macam persoalan dalam mengajar, bukan saja mengatasi persoalan, namun media pembelajaran memberi berbagai informasi yang komprehensif kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang kelas VI dengan metode tutorial. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi tanpa tahap implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik angket. Subjek penelitian terdiri dari validator materi dan media. Teknik analisis data diperoleh dari hasil validasi oleh pakar materi dan media. Berdasarkan hasil pengembangan, teknologi yang digunakan dalam proses mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang dengan metode tutorial tersebut, yaitu HTML, CSS, Bootsrap, Javascript, JSON, Firebase, dan MathJax. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid. Kevalidan tersebut didukung dengan fakta bahwa perolehan persentasi capaian pada validitas materi sebesar 83,8% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan untuk kevalidan media persentasi capaian yang diperoleh sebesar 75% dengan kriteria tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang kelas VI dengan metode tutorial dinyatakan valid digunakan untuk uji coba.

Learning media is a method of overcoming all kinds of problems in teaching, not only overcoming problems but learning media provides a variety of comprehensive information to students. This study uses the tutorial method to develop and determine the validity of web-based interactive learning media in class VI classroom materials using the tutorial method. This research uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE development model which has been limited without an implementation stage. The data collection technique used is a questionnaire technique. The research subjects consisted of material and media validators. Data analysis techniques were obtained from the results of validation by material and media experts. Based on the development results, the technology used to develop web-based interactive learning media on spatial materials using the tutorial method, namely HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, JSON, Firebase, and MathJax. This research shows that learning media is valid. This validity is supported by the fact that the percentage of achievement on material validity is 83.8% with very high criteria, while for media validity the percentage of achievements obtained is 75% with high criteria. Therefore, web-based interactive learning media for class VI material using the tutorial method was declared valid for use in the trial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi ( DMR ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Educare, 17(2), 151–158.

Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ati Sukmawati, R., Purba, H. S., Irliyanti, I., Sina, I., Mahardika, A. I., & Mawaddah, S. (2021). Student Learning Outcomes in Learning Straight Line Equations Using Web-Based Interactive Media. Proceedings of URICET 2021 - Universitas Riau International Conference on Education Technology 2021, 340–346. https://doi.org/10.1109/URICET53378.2021.9865919

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Firmasyah, R. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung. In Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Karimah, A., Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13

Kurniawan, B., & Widiastuti, N. P. K. (2022). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0b9bEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=media+pembelajaran+adalah+salah+satu+metode+dalam+mengatasi+segala+macam+persoalan+dalam+mengajar,+bukan+saja+mengatasi+persoalan,+namun+media+pembelajaran+memberi+berbagai+inform

Margita, E., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8404

Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 28–43. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Mutia, I. (2016). Use of Shadow Computer Automation to Education in University. Faktor Exacta, 9(3), 283–292. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/876

Nasrina, A., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(2), 11–27.

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 455–467. http://repository.untad.ac.id/3668/

Safitri, D., Suzanti, L., & Widjayatri, R. D. (2022). Persepsi Pendidik PAUD Terhadap Aplikasi EduGame MARU sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 253–262. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.369

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Al-Banjari, L. A., Sukmawati, R. A. ., & Bahraini Saputra, N. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI DENGAN METODE TUTORIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 132-145. https://doi.org/10.20527/q2yvcf32