PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF     BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KELIPATAN DAN FAKTOR KELAS V DENGAN  METODE DRILL AND PRACTICE

Authors

  • Muhammad Fadil Hidayat Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Ati Sukmawati Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author
  • Mitra Pramita Program Studi Pendidikan Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/62rakc48

Keywords:

media pembelajaran interaktif, kelipatan dan faktor, drill and practice, ADDIE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis web pada pelajaran kelipatan dan faktor kelas V menggunakan metode drill and practice, Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis web pada pembelajaran kelipatan dan faktor dengan menggunakan uji validitas materi dan validitas media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi yaitu analysis, design, development, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan validasi media. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis statistika desktriptif. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis web untuk pembelajaran perkalian dan faktor dengan metode drill and practice yang dikembangkan dengan teknologi HTML, PHP, CSS, Bootstrap, Javascript, MySQL, Figma, CorelDRAW, 000Webhost. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran valid, karena perolehan hasil penyajian validasi materi sebesar 80% dengan kriteria sangat tinggi dan perolehan capaian penyajian validasi media sebesar 68% dengan kriteria tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif perkalian dan faktor berbasis web dengan metode drill and practice untuk siswa kelas V dinyatakan valid untuk digunakan uji coba.

The purpose of this research is to create a web-based interactive learning media on grade V multiples and factors using the drill and practice method. This research also aims to evaluate the validity of web-based interactive learning media on multiples and factors by using material validity and media validity tests. The research method used is Research and Development and the ADDIE development model which has been limited to analysis, design, development, and evaluation. Data collection techniques were carried out using material validation questionnaires and media validation. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis. The result of this research is a web-based interactive learning media for learning multiplication and factors with drill and practice method developed with HTML, PHP, CSS, Bootstrap, Javascript, MySQL, Figma, CorelDRAW, 000Webhost technology. This study shows that the learning media is valid, because the acquisition of material validation presentation results of 80% with very high criteria and the acquisition of media validation presentation results of 68% with high criteria. Therefore, the interactive learning media of multiplication and web-based factors with the drill and practice method for grade V students is declared valid for trial use.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augustin, N., Santana Purba, H., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1, 23–34. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej

Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ismanto, E., & Cynthia, E. P. (2017). Drill and Practice Model dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pembentukan Objek Primitif Sederhana Dua Dimensi. ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v1i01.1304

Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. In Computing and Education Technology Journal (CETJ). http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung: Alfabeta

Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Mahmudah, N., & Putri, A. A. (2022). Development of interactive multimedia as support in learning mathematical problem solving for junior high schools. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(8), 876–882. https://doi.org/10.5281/zenodo.7052542

Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Irliyanti, Sina, I., Mahardika, A. I., & Mawaddah, S. (2021). Student learning outcomes in learning straight line equations using web-based interactive media. Universitas Riau International Conference on Education Technology (URICET), 340–346. https://doi.org/10.1109/URICET53378.2021. 9865919

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Hidayat, M. F., Sukmawati, A., & Pramita, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF     BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KELIPATAN DAN FAKTOR KELAS V DENGAN  METODE DRILL AND PRACTICE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 122-131. https://doi.org/10.20527/62rakc48