PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKRIF BERBASIS WEB PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.20527/hntds794Keywords:
media pembelajaran, web, barisan dan deret, tutorial, Reserch & DevelopmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi barisan dan deret dengan metode tutorial untuk siswa kelas X dan (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi barisan dan deret dengan metode tutorial untuk kelas X. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reserch and Development) dengan model ADDIE yang sudah dibatasi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan angket validasi materi dan angket validasi media. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran pada materi barisan dan deret dengan metode tutorial yang dikembangkan dengan teknologi HTML, CSS, Boostrap, Javascript, JSON, Firebase, Mathjax, Balsamiq Mockups. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid, karena perolehan persentasi capaian validitas materi sebesar 91,5% dengan kriteria tinggi dan perolehan persentasi capaian validitas media sebesar 76,4% dengan kriteria sedang. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi barisan dan deret dengan metode tutorial untuk siswa kelas X dinyatakan valid digunakan untuk uji coba.
This study aims to (1) develop web-based interactive learning media on row and series material with tutorial methods for grade X students and (2) find out the feasibility of web-based interactive learning media on row and series material with tutorial methods for class X. This research uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE model that has been limited namely analysis, design, development, and evaluation. The data collection techniques used are material validation questionnaires and media validation questionnaires. The result of this study is a learning medium on row and series material with tutorial methods developed with HTML, CSS, Boostrap, Javascript, JSON, Firebase, Mathjax, Balsamiq Mockups. This study shows that learning media is valid, because the percentage of material validity achievement is 91.5% with high criteria and the acquisition of media validity achievement percentage is 76.4% with medium criteria. Therefore, web-based interactive learning media on row and series material with tutorial methods for grade X students is declared valid for trials.
Downloads
References
Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. PT Rikena Cipta.
Hamalik, O. (2014). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. PT Bumi Aksara.
Hasibuan, E. A., & Hasibuan, L. H. (2017). Metode Pembelajaran Tutorial Berbantuan Microsoft Excel+Statplus Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswapada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal LPPM UGN, 8(1).
Karimah, A., Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13
Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 28–43. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj
Putri, D. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Web (Bareta) Materi Barisan Dan Deret Pada Pembelajaran Di Kelas X. In Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Alfabeta.
Rusman. (2018). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Alfabeta.
Septiawan, S., & Abdurrahman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matermatika, 4(1), 11–18.
Serli Evidiasari, Subanji, S. I. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Setiawan, E., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. VII(2), 465–472.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 101. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9359
Umami, D. A. (2019). Hubungan Media Pembelajaran Dan Minat Terhadap Motivasi Mahasiswi Tingkat Iiikebidanan Widya Karsa Jayakarta. Journal Of Midwifery, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.37676/jm.v7i1.766
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




