MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN GOOGLE SLIDE
DOI:
https://doi.org/10.20527/nzadyw83Keywords:
media digital, minat belajar, trigonometri, google slideAbstract
Trigonometri merupakan salah satu mata pelajaran yang berat bagi sebagian besar siswa. Rendahnya minat belajar, menjadi faktor utama yang menyebabkan masalah tersebut muncul. Salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan Google Slide dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa pada materi Trigonometri. Penelitian ini dilakukan di MA Balongrejo Sumobito Jombang kelas X-IPA pada tahun ajaran 2022-2023 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Hasil analisis pengisian angket respon minat siswa, terhadap pembelajaran Matematika sebelum menggunakan media pembelajaran Google Slide, didapatkan persentase sebesar 45%. 2) Hasil analisis pengisian angket respon minat siswa, terhadap pembelajaran Matematika setelah menggunakan media pembelajaran Google Slide, didapatkan persentase sebesar 63,19%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi Trigonometri. Selain itu, didukung dengan hasil tes dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran, dengan persentase sebesar 75,39% yang menunjukkan respon baik dan tertarik.
Trigonometry is a tough subject for most students. Low interest in learning is the main factor that causes these problems to arise. One effort that can be done by researchers is to develop learning media using Google Slides with the aim of increasing student interest in Trigonometry material. This research was conducted at MA Balongrejo Sumobito Jombang class X-IPA in the 2022-2023 academic year, even semester. The research method used is research and development (Research and Development) with the ADDIE development model. From the results of the study it was found that: 1) The results of the analysis of filling in the questionnaire on student interest responses, towards learning Mathematics before using Google Slides learning media, obtained a percentage of 45%. 2) The results of the analysis of filling in the questionnaire on students' interest in learning Mathematics after using Google Slides learning media, obtained a percentage of 63.19%. Based on the results of this study, it shows that there is an increase in students' interest in learning Mathematics on Trigonometry material. In addition, it is supported by test results and student responses to the use of instructional media, with a percentage of 75.39% showing good and interested responses.
Downloads
References
ernard, M., Sumarna, A., Rolina, R., & Akbar, P. (2019). Development of High School Student WorkSheets Using VBA for Microsoft Word Trigonometry Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012031. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012031
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199
Lestari, Ridwan, M., & Karunia, E. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.
Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) Di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 1(01), Article 01. https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.13
Lumban Toruan, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora pada Materi Lingkaran di Kelas VIII untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa [Undergraduate, UNIMED]. http://digilib.unimed.ac.id/43725/
Monica, T., & Pramudiani, P. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1457
Nasrulloh, M. F. (2017). Keefektifan Model Kooperatif Tipe TPS dan NHT Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 3(1), Article 1.
Nurmala, R., Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika SMP Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1058
Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696
Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247
Ramdhani, E. S., & Baadilah, I. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Google Slide Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2418. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5758
Saraswati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sofyan, A., & Wardani, F. P. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di SD. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.901
Widiastuti, B., & Nindiasari, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1190
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




