ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PAI DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIK PENDIDIKAN DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO

Authors

  • Firnanda Pradana Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Author
  • Muhammad Luthfi Anshori UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/xbjzqd82

Keywords:

Kemampuan Memecahkan Masalah, Statistik, Taksonomi SOLO

Abstract

Mahasiswa S-1 PAI memiliki kemampuan yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan pengalaman belajar yang diperoleh dan hirarkis berpikir masing-masing. Alat yang digunakan untuk mengevaluasi respons mahasiswa adalah taksonomi SOLO.  Penelitian ini dengan maksud memperoleh deskripsi kemampuan mahasiswa prodi PAI dalam memecahkan masalah statistik pendidikan ditinjau dari taksonomi SOLO. Metode penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan memperoleh data dari hasil instrumen berupa tes kemampuan awal, tes materi dan wawancara yang memuat indikator level SOLO. Berdasarkan tes kemampuan awal, maka mahasiswa dapat dikategorikan dalam level unistruktural, multistruktural, dan relasional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dengan level unistruktural tidak dapat memahami masalah dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan hanya dapat menuliskan nilai tengah dari interval, sehingga tidak dapat memecahkan masalah. Mahasiswa level unistruktural juga kurang memahami materi. Berbeda halnya dengan level multistruktural, mahasiswa dapat menuliskan berbagai informasi dari soal seperti nilai tengah interval dan hasil perkalian dari frekuensi dengan nilai tengah interval. Mahasiswa level multistruktural tidak dapat menjalankan rumus yang telah ditulis karena terburu – buru. Selain itu, mahasiswa level multistruktural kurang teliti dalam menuliskan simbol dalam rumus nilai mean. Adapun mahasiswa level relasional dapat memahami masalah dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan menuliskan berbagai informasi dari soal dan menghubungkannya sehingga menghasilkan kesimpulan dan perhitungan yang benar.

PAI undergraduate students have different abilities, this is due to the learning experience gained and the hierarchical thinking of each. The tool used to evaluate student responses is the taxonomy SOLO. This study aims to obtain a description of the ability of Islamic education study program students in solving educational statistical problems in terms of taxonomy SOLO. This research method uses qualitative research by obtaining data from the results of instruments in the form of initial ability tests, material tests and interviews that contain level indicators SOLO. Based on the initial ability test, students can be categorized into unistructural, multistructural, and relational levels. Based on the results of the study, it showed that students at the unistructural level could not understand the problem properly, this was shown by only being able to write down the mean value of the interval, so they could not solve the problem. Unistructural level students also do not understand the material. In contrast to the multistructural level, students can write down various information from questions such as the mean interval value and the product of the frequency multiplication with the interval mean value. Multistructural level students cannot run the formula that has been written because they are in a hurry. In addition, students at the multistructural level are not careful in writing symbols in the mean value formula. The relational level students can understand the problem well. Students can write down various information from the problem and relate it so as to produce the correct conclusions and calculations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan; Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Arifin, M. H. (2014). Konsep - Konsep Dasar Statistik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Biggs, J. B., & Collis, K. F. (1982). Evaluating the Quality of Learning: the SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). London: Academic Press.

Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1-7.

Diana, R. F., Irawan, E. B., & Susiswo. (2017). Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan

Taksonomi SOLO. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 52 - 63.

Ekawati, R. (2013). Studi Respons Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Unnes Journal of

Mathematics Education Research, 101 - 117.

Halimah, Untu, Z., & Suriaty. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES (SOLO). PRIMATIKA, 1-10.

Hasan, B. (2017). Karakteristik Respons Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINOP), 449-458.

Lian, H. L., & Yew, T. W. (2009). Superitem Test: An Ineractive Assesment Tool To Assess Students Algebraic Solving Ability. International Journal for Mathematics Teaching and Learning.

Masud, S. (2020). Analisis Kesalahan Fakta dan Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Ruang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 147-162.

Nelliraharti, & Suri, M. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Statistik Pendidikan. Journal of Education Science (JES), 174-182.

Nurussafa'at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong's Schematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 174-187.

Permata, E. I., Sunandar, & Endahwuri, D. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 473 - 484.

Purwanto, E., Nuryanti, F. E., & Fauziah, N. F. (2022). Analisis Level Penalaran Mahasiswa berdasarkan Taksonomi SOLO. Journal of System and Computer Engineering (JSCE), 86-95.

Putra, F. P., & Susiswo. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 192-205.

Wulansari, R., Putri, A. A., & Nopitasari, D. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 125-132.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Putra, F. P., & Anshori, M. L. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PAI DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIK PENDIDIKAN DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 78-89. https://doi.org/10.20527/xbjzqd82