ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.20527/k888s684Keywords:
Numerasi, AKM, PecahanAbstract
Kemampuan numerasi adalah kemampuan untuk menafsirkan dan memahami, memanfaatkan penerapan konsep matematika serta memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 1 Putai pada kelas V tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Tiga siswa berdasarkan jawaban paling lengkap dan kemampuan komunikasi yang baik serta memenuhi indikator kemampuan numerasi dipilih sebagai subjek wawancara. Analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi numerasi subjek termasuk dalam tingkat dasar. Subjek belum mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar pada soal tipe AKM numerasi materi pecahan dikarenakan dua dari tiga subjek masih belum teliti dalam melakukan operasi hitung pecahan. Dua dari tiga subjek mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya). Dua dari tiga subjek masih belum mampu menafsirkan hasil analisis permasalahan untuk memprediksi dan mengambil keputusan dikarenakan subjek kurang paham dalam menafsirkan permasalahan pada soal.
Numerical ability is the ability to interpret and understand, utilize the application of mathematical concepts and solve or resolve a problem with various everyday life. This study aims to determine students' numeracy skills in solving AKM questions on fractional material. This study used a qualitative descriptive approach which was carried out at SDN 1 Putai in class V for the 2022/2023 academic year with a total of 15 students. The data collection techniques used were observation, tests and interviews. Three students based on the most complete answers and good communication skills as well as fulfilling the numeracy ability indicators were selected as interview subjects. The analysis in this study is data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that the subject's numeracy competency level was included in the basic level. Subjects have not been able to use various kinds of numbers or symbols related to basic mathematics on AKM type questions on fractional numeration material because two out of three subjects are still not thorough in performing fractional arithmetic operations. Two of the three subjects were able to analyze information presented in various forms (graphs, tables, charts, diagrams and so on). Two of the three subjects were still unable to interpret the results of the problem analysis to predict and make decisions because the subjects lacked understanding in interpreting the problems in the questions.
Downloads
References
Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837–849. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849
Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta.
Ate, D., & Keremata Lede, Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.
Djamilah, S., & Hidayati, R. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Statistika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Wahyu, I., Utami, P., Mukhlishina, I., Suwandayani, B. I., … Malang, M. (2019). Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Haliana, W. O., Kadir, Kodirun, & Saleh. (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari Ditinjau. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 9).
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, … Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran.
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).
Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780
Nasrullah, Ainol, & Waluyo, E. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM). Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1).
Norhaliza, Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Banjar Materi Segiempat dan Segitiga. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5).
Rahmawaty, A., & Nurmeidina, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Harian Matematika pada Materi Teorema Phytagoras di Masa New Normal. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika .
Resliana, E. D., & Nurmeidina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras.
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387
Sari, D. R., Nur, E., Lukman, aeni, & Rijal Wahid Muharram, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. In FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915
Suarjana, I. M., Putu Parmiti, D., & Elma Arry Safitri, P. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Suarjana, Parmiti, D. P., & Safitri, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia. Jakarta.
Syawahid, M. (2019). Mathematical Literacy In Algebra Reasoning. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 02(1), 33–46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENPIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




