PENERAPAN ETNOMATEMATIKA BATIK PENDEKAR KOTA MADIUN PADA MATERI KONSEP GEOMETRI

Authors

  • Febriana Nor Fadhilla Universitas PGRI Madiun/Mahasiswa Pendidikan Matematika Author
  • Ika Krisdiana Universitas PGRI Madiun/Dosen Pendidikan Matematika Author
  • Titin Masfingatin Universitas PGRI Madiun/Dosen Pendidikan Matematika Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/c90fqc87

Keywords:

Batik pendekar, Etnomatematika, Konsep geometri, Matematika

Abstract

Etnomatematika adalah suatu kajian untuk menjelaskan hubungan antara budaya dengan matematika. Etnomatematika menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk memperluas sumber belajar matematika. Sumber belajar matematika yang beragam memberikan dampak positif terlaksananya proses mengajar dan hasil belajar peserta didik. Salah satu kebudayaan yang dapat dikaji dengan etnomatematika adalah batik pendekar Kota Madiun. Batik pendekar merupakan salah satu warisan budaya Kota Madiun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui etnomatematika khususnya konsep geometri pada batik pendekar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan etnografi dengan pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Galeri Batik Murni Madiun dengan subjek ialah pengrajin batik. Hasil penelitian diperoleh konsep matematika pada batik pendekar. Konsep matematika yang diperoleh ialah konsep geometri terkait bangun datar segitiga dan transformasi geometri berupa translasi dan refleksi. 

Ethnomatematics is a study to explain the relationship between culture and mathematics. Ethnomatematics is one of the solutions that can be applied to expand the learning resources of mathematics. Various sources of learning mathematics have a positive impact on the implementation of the teaching process and student learning outcomes. One of the cultures that can be studied with ethnomathematics is the batik pendekar of the Madiun City. Batik pendekar is one of the cultural heritages of Madiun City. This study aims to determine ethnomathematics, especially the concept of geometry in batik pendekar. This qualitative research uses an ethnographic approach with data collection using observation, interviews, and documentation techniques. The research was conducted at the Galeri Batik Murni Madiun with the subject being batik craftsmen. The research results obtained mathematical concepts in warrior batik. The mathematical concepts obtained are geometric concepts related to triangular plane shapes and geometric transformations in the form of translations and reflections.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P. P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Pahae Jae. 2(1), 19–24.

Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada motif batik Medan. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(2), 61–72.

Hutauruk, A. J. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics, 1(1), 58–62.

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45.

Maskar, S., Anderha, R. R., & Indonesia, U. T. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. 1(1), 40–47.

Mawardi, D. (2021). Kebanggaan Indonesia Batik Menjadi Warisan Dunia. Epigraf Komunikata Prima.

Mulyani, E. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 131–142.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. 03(01), 64–73.

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–70.

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Ethnomatematics (Matematika dalam Perspektif Budaya) (pertama). Uwais Inspirasi Indonesia.

Riyanti, D. E., Sari, R. K., & Saltifa, P. (2022). Eksplorasi Pada Kain Besurek Provinsi Bengkulu (Kajian Etnomatematika) Exploration Of Bengkulu Province Besurek Fabric (Ethnomathematical Studies). 5(September), 85–96.

Supriyanto, A., & Miftahudin. (2019). Explore Matematika Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX. Penerbit Duta.

Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686.

Zebua, T. G. (2022). Permainan Tradisional Nias dan Matematika (Etnomatematika Nias). Guepedia.

Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Tematik, 2, 216–226.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Fadhilla, F. N. ., Krisdiana, I. ., & Masfingatin, T. . (2023). PENERAPAN ETNOMATEMATIKA BATIK PENDEKAR KOTA MADIUN PADA MATERI KONSEP GEOMETRI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SENPIKA), 1(1), 213-220. https://doi.org/10.20527/c90fqc87